Perdana, Pemuda Tuban Terpilih Menjadi Duta Pemuda Jawa Timur

kabartuban.com – Duta Pemuda dari Kabupaten Tuban untuk pertama kalinya terpilih menjadi Duta Pemuda Jawa Timur pada ajang Jambore Pemuda Jawa Timur, Senin (21/10/2019) di Pamekasan.

Duta Pemuda Tuban bernama Shofi Abidin terpilih bersama 11 Duta Pemuda Jatim lainnya setelah bersaing dengan 266 pemuda perwakilan 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur.

Kabid Kepemudaan Disparbudpora Kabupaten Tuban, Listyo Utomo, menerangkan Shofi Abidin akan menerima penghargaan dan selempang Duta Pemuda Jatim dari Gubernur Jatim pada peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober mendatang.

Setelah terpilih menjadi Duta Pemuda Jatim, Shofi Abidin akan dikirim mewakili provinsi Jawa Timur untuk mengikuti Jambore Pemuda Indonesia yang akan diselenggarakan pertengahan November mendatang di Minahasa.

“Proses pembekalan Duta Pemuda Jatim akan dilakukan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora,red) Pemprov Jatim,” ungkap Listyo, Selasa (22/10/2019).
Dalam even tersebut, Kabupaten Tuban mengirimkan 6 delegasi pada ajang yang rutin digelar oleh Dispora Jatim. Sebelum diberangkatkan, 6 delegasi Bumi Wali ini mendapat pembekalan intens selama 8 hari. Materi yang disampaikan mencakup wawasan kepemimpinan/kepeloporan, seni budaya, pariwisata, dan wirausaha.

Pada ajang Jambore Pemuda Jawa Timur tahun 2019 ini, Duta Pemuda Kabupaten Tuban bersama tim pada malam Gelar Budaya menampilkan persembahan Berandal Lokajaya.

Sedangkan pada Kirab Budaya, delegasi Kabupaten Tuban membawakan Thak-thakan Jepaplok, sebuah kesenian dari kecamatan Tambakboyo.

“Kedua persembahan tersebut dibawakan untuk mengenalkan kearifan lokal dan budaya di Kabupaten Tuban,”jelasnya.

Shofi Abidin merupakan mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi semester lima di Universitas Ronggolawe (Unirow) Tuban. Pemuda kelahiran 24 Februari 1999 ini meraih peringkat pertama pada pemilihan Duta Pemuda Kabupaten Tuban tahun 2019 beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah, berkat dukungan semua pihak tahun ini, saya terpilih menjadi Duta Pemuda Jatim. Ini menjadi sebuah kebanggaan,” katanya.

Shofi Abidin yang juga anggota Karang Taruna Desa Perunggahan Kulon, Semanding itu menambahkan bahwa pemuda harus bisa pelopor di berbagai bidang dan mampu membawa pengaruh positif untuk sekitarnya.

Sebelum masuk di bangku perkuliahan, Shofi Abidin telah aktif berorganisasi sejak di bangku SMP dan SMA. Dirinya pernah menjadi Ketua OSIS di SMP dan SMA. (Dur)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close