Peringati Bulan K3, PT SG Latih Pelajar Padamkan Api

280
Tim Pemadam Kebakaran dari PT Semen Gresik Pabrik Tuban saat memberikan cara mematikan api saat terjadi kebakaran.

kabartuban.com – Peringati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), PT Semen Gresik Berikan pelatihan keselamatan kerja bagi ratusan siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Tuban. Pelatihan yang diberikan berupa pengenalan bahaya kebakaran dan penanganan kebakaran menggunakan alat pemadam ringan hingga berat, Kamis (15/2/2018).

Pelatihan yang dilaksanakn di halaman belakang SMKN Tuban, dengan simulasi pemadaman api menggunakan karung basah, dilakukan para siswa siswa SMK secara bergantian, yang mana para peserta sebelumnya juga telah diberikan materi pembekalan dan arahan dari isntruktur pemadam kebakaan PT Semen Grsik.

Kepala biro keselamatan kerja dan kebersihan, PT Semen Gresik, Aris Sukriyanto, yang ada di lokasi menjelaskan, peringatan bulan K3 dilaksanakan dengan memberikan edukasi kepada masayarakat, salah satunya memberikan pelatihan bagi siswa. Tidak hanya SMAN1, sebelumnya SMKN3 Tuban juga sudah diberikan pelatihan dan praktek K3, selanjutnya SMAN 1 Kerek.

“Peringatan bulan K3, safety go to school, tujuan kami memberikan edukasi bagi masyarakat, bagaimana jika menemukan kebakaran dan alat apa saja yang dapat digunakan untuk memadamkanya,,” ujar Aris .

Selain simulasi pemadaman api, kegiatan juga dilakukan dengan memberikan seminar kepada pelajar, berupa pengenalan alat alat keselamatan diri, alat pelindung diri (APD) jenis jenis bahaya di lingkungan kerja, dan pengetahuan umum lainya berkaitan dengan K3.

“Orang yang tidak pernah akan panik saat lihat api atau kebakaran, target kami agar msyarakat, tahu dan sigap jika menemukan kebakaran, dan mampu memadamkanya sebelum menjadi besar, dengan alat sederhana atau alat yang ditemukan disekita,” terang Aris.

Sementara itu, pelatihan K3, diikuti antusias para siswa, termasasuk sejumlah guru yang mendampingi siswa, turut mempraktekan memadamkan api dengan alat pemadam ringan berupa karung bsah.

“Kebetulan di AMKN1 ada materi K3, dengan kedatangan tim dari Semen Gresik ini kami sangat senang karena anak anak dapat langsung praktek dari orangn-orang ahlinya secara langsung,” terang waka Kesiswaan SMKN 1 Tuban, Endang Endang Heriyani.

Diharapkan, kgiatan tersebut dapat dilakukan setiap tahun, agar pelajar seetiap generasi memahami dan memiliki keterampilan yang sama berkaitan dengan bahaya kebakaran dan cara memadamkanya sebelum menjadi kebakaran besar. (Luk/Adv)

Apa Komentarmu?

SHARE