Peringati Hari Buku, Perpustakaan Daerah Ajak Pelajar Mencintai Buku dan Membacanya

134

kabartuban.com – Semangat dan keceriaan anak-anak dalam memperingati hari buku nasional terlihat di halaman perpustakaan umum daerah, Jalan Sunan Kalijogo, Kabupaten Tuban, Selasa (08/05/2018). Mereka adalah para peserta lomba yang sengaja diadakan pihak perpustakaan untuk memperingati hari buku nasional yang jatuh pada bulan Mei ini.

Tahun ini, hari buku diperingati pihak perpustakaan dengan menggelar berbagai lomba dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, hingga jenjang SMA. Lomba yang digelar seperti lomba mewarnai untuk siswa PAUD, lomba melukis untuk siswa TK, lomba bercerita untuk siswa SD, lomba berpidato untuk siswa SMP dan lomba membuat artikel untuk siswa SMA.

Lomba yang diselenggarakan 6 – 8 mei tersebut menarik antusias para pelajar di Kabupaten Tuban, tercatat ada puluhan peserta yang mengikuti lomba tersebut. “target kami adalah mendekatkan perpustakaan ke pelajar, artinya mengajak mereka meningkatkan minat baca dan sering-sering keperpustakaan,” ujar Kepala Seksi Pelayanan, Perpustakaan Daerah, Jumiati, yang sekaligus panitia penyelenggara lomba.

Menuut Jumiyati, perpustakaan tidak hanya tempat menyimpan buku, namun juga menjadi jendela dunia dan pusat literasi, untuk menambah ilmu dan membuka wawasan dari membaca buku yang menjadi koleksi didalamnya.

Sementara itu, Renita salah satu wali murid peserta lomba mengaku, kegiatan semacam itu cukup positif untuk meningkatkan kreatifitas anak, sekaligus membiasakan anak-anak membaca buku dari sekedar bermain dengan gadget (perangkat elektronik pintar) saat ini.

“Ya baguslah mas, bisa menumbuhkan motivasi dan kreatifitas anak-anak, daripada main aja dirumah,” kata Renita (Hon)

Apa Komentarmu?

SHARE