Peringati Hari Santri, Ma’arif NU Tuban Gelar Upacara

719

kabartuban.com – Ribuan santri dibawah naungan Lembaga Ma’arif Nadhlotul Ulama (NU) diseluruh Kabupaten Tuban adakan upacara Hari Santri Nasional (HSN) di halaman SMK YPM 12 Tuban, upacara tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Tuban, Fatkhul Huda, Sabtu (22/10/2016).

Hari Santri per 22 Oktober tersebut telah ditetapkan sejak satu tahun yang lalu oleh Pemerintah Pusat melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 22 tahun 2015.

Akhmad Zaeni selaku Ketua Lembaga Ma’arif NU Tuban dalam sambutannya menyatakan dengan diadaknnya kegiatan seperti ini, diharapkan bisa memperkukuh ukhuwah diantar warga NU, dan para pemuda kader NU agar terus bersemngat meneruskan perjuangan yang telah diperjuangan oleh para auliyak atau ulama’ terdahulu.

“Semoga kita terus  semangat memperjuangkan dan menguatkan semangat untuk meneruskan  perjuangkan para pejuang  yang telah mendahului kita dalam merintis kelahiran nadhlotul ulama’,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Tuban yang menjadi inspektur upacara Hari santri 2016 menyatakan, pihaknya menyampaikan apresiasi terkait terlaksananya upacara tersebut, dengan adanya kegiatan seperti ini bisa memberikan penghormatan atas jasa-jasa para santri dimasa lalu.

“Saya sampaikan apresiasi, karena  kegiatan ini  unik dan klasik, karena hari ini hari yang paling berbeda karena para peserta upacara mengenakan sarung semua,”ungkapnya.

Fatkhul Huda menambahkan, dengan adanya peringatn hari santri ini diharapkan para santri bisa mengingat kembali jasa-jasa para ulama’ terdahulu yang telah ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Kegiatan upacara Hari Santri Nasional yang diadakan di SMK YPM 12 Tuban juga berbarengan dengan Pembukaan Ma’arif Competition dan peletakan batu pertama pembangunan Perpustakaan STITMA Tuban.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Tuban, jajaran Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, pengurus PCNU Tuban, pengurus Ma’arif NU, serta jajaran dosen STITMA dan guru SMK YPM 12 Tuban. (har)

/