Permintaan Tinggi, Harga Telur Ayam Mulai Naik Jelang Ramadhan

223
Eli, salah satu pedagang di Pasar baru Tuban.

kabartuban.com – Mendekati Bulan Suci Ramadhan, harga telur ayam disejumlah Pasar Tadisional di Kabupaten Tuban terpantau naik. Kenaikan menurut para pedagang sudah terjadi sejak hampir satu pekan ini, menyusul banyaknya kegiatan hajatan menyambut datangnya bulan suci ramadhan.

Eli, salah satu pedagang di Pasar Baru Tuban mengatakan, kenaikan harga telur terjadi secara bertahap, dari harga pekan lalu Rp21.000 per Kilogram (Kg), saat ini harga komuditas tersebut sudah menembus angka Rp24.000 hingga Rp25.000 per kilogramnya.

“Harganya telur yang mengalami kenaikan mas, yang lainnya masih normal saja” terang Eli.

Pedagang tidak mengetahui secara pasti penyebab kenaikan harga telur ayam ini, namun memang kenaikan terjadi langsung dari pemasoknya. Pedagang memprediksi, jika harga telur ini akan tetap bertahan atau bahkan naik saat kebutuhan mulai meningkat pada Ramadhan nanti.

“Telur selain dikonsumsi secara langsung, banyak makanan yang diolah dari telur, ini mau puasa pasti banyak olahan dari telur, permintaan tinggi biasanya harga akan naik juga,” jelas pedagang di Pasar Baru Tuban ini.

Jika kenaikan harga mulai terasa pada komuditi telur, tidak demikian harga beragam jenis cabai yang masih relatif stabil. Cabai keriting misalnya, per kilogramnya masih diharga Rp28.000, Cabai Hijau Rp10.000 per kilogram.

Meski lonjakan harga belum sepenuhnya terjadi, sejumlah ibu rumah tangga sudah mulai bersiap dengan kondisi tahunan yang hampir pasti dapat ditebak, yakni kenaikan harga saat Ramadhan. Karenanya sebagian konsumen sudah ada yang belanja untuk stok Ramadhan dengan membeli barang kebutuhan lebih banyak dari hari-hari biasanya.

“Ya jangan sampai naik lah mas, telur sekarang sudah naik, masak setiap mau bulan puasa harganya naik terus, kalau punya banyak duit bisa nyetok,” kata Saudah. (Hon)

Apa Komentarmu?

SHARE