Permintan Tinggi, Harga Daging Sapi dan Ayam Naik

124

kabartuban.com – Mendekati lebaran dan banyaknya hajatan menyambut hari besar keagamaan tersebut, harga daging sapi dan ayam di Pasar Baru Tuban meningkat signifikan. Kenaikan daging sapi dan ayam ini mencapai Rp 10.000 per kilogramnya.

Menurut pedagang daging ayam di Pasar Baru Tuban, Sami, kenaikan harga ayam ini sudah dirasakan sejak beberapa hari lalu, tepatnya saat memasuki sepuluh hari menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Sejak maleman kemarin mas, sepuluh hari terakhir Ramadan, banyak hajatan, permintaan daging jadi naik,” kata Sami.

Adapun, harga daging ayam potong dan ayam keras saat ini, dihargai Rp40.000 per Kilogram (Kg), dari harga sebelumnya antara Rp30.000 hingga Rp35.000 per Kg. Sedangkan harga ayam kampung mencapai Rp70.000 per kilo, dari harga sebelumnya kisaran Rp55.000 per Kg

“Kalau ayam kampung, malah 75 ribu sekilonya,” terang Sami.

Menurut Sami, kenaikan harga daging ayam ini masih akan berlangsung, bahkan setelah lebaran, sebab warga Tuban biasanya juga menggelar hajatan ketupatan, yang dilaksanakan sepekan setelah lebaran idulfitri.

“Sampai Hari Raya ketupatan mas, setelah itu biasanya normal harga ayam, permintaan juga normal,” katanya.

Sementara itu, pedagang daging sapi, Nardianto mengatakan, kenaikan harga sebesar Rp10.000 juga terjadi pada harga daging sapi, kenaikan ini mulai terjadi sekitar pertengahan Ramadan, dan diperkirakan akan mengalami kenaikan lagi mendekati lebaran besok.

“Naik 10 ribu, kemarin masih 110 ribu, sekarang 120 ribu, kalau daging sapi ini permintaan sebenarnya tidak terlalu banyak, seperti ayam,” katanya. (Luk)

Apa Komentarmu?

SHARE