Pertamina Peduli Kesehatan Gigi dan Mulut Anak-anak Tuban

4
Dengan bimbingan para dokter, para pelajar di Tuban saat mempraktikan cara sikat gigi yang benar.

kabartuban.com – Pertamina bekerja sama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Wilayah Jawa Timur, mengadakan kegiatan penyuluhan kesehatan dan pengobatan gigi dan mulut untuk siswa Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) di Tuban.

Bertempat Lapangan PT Trans Pacific Petrochemical Indonesia (TPPI), Sabtu (8/2/2020). Dengan tema Gigi sehat kualitas Sumber Daya Manusia Meningkat.

Rangkaian kegiatan tersebut berupa Pemeriksaan dan Penyuluhan Kesehatan Gigi kepada 1000 Anak SD/MI, Sikat Gigi Masal 1000 Anak SD/MI, dan Penambalan Gigi dengan ART (Atraumatic Restorative Treatment) dengan  target 500 Anak SD/MI di Kabupaten Tuban.

Seperti diketahui, penyakit gigi dan mulut masih menjadi masalah di Indonesia. Data hasil Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan RI tahun 2018 menunjukkan, terdapat 57,6% penduduk Indonesia mengalami masalah kesehatan gigi, dan hanya 10,2% yang telah  mendapat pelayanan dari tenaga medis.

Disamping itu hasil riset yang sama juga menunjukkan 94,7% anak usia di atas tiga tahun sudah menyikat gigi, namun hanya 2,8% yang menyikat gigi dengan benar.

Di sisi lain, mulut merupakan jendela kesehatan bagi manusia, karena sebagai jalur masuk asupan makanan dan minuman ke dalam tubuh. Fungsi mulut dan gigi tidak dapat dipisahkan dengan kondisi tubuh secara keseluruhan, sebab dapat mencerminkan atau memberikan tanda adanya penyakit  di bagian lain dari tubuh.

Sebagai contoh, penyakit gusi dan gigi yang tanggal dalam jumlah banyak memiliki hubungan dengan penyakit sistemik seperti diabetes, penyakit jantung dan pernafasan.

Selain kegiatan terkait kesehatan gigi dan mulut, dalam bakti sosial ini juga dilakukan Operasi Bibir Sumbing kepada 20 pasien dari masyarakat kurang mampu di Kabupaten Tuban dan Bojonegoro. Operasi tersebut dilaksanakan di RS Nahdlatul Ulama Tuban.

Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-55, Hari Jadi Pemerintah Provinsi Jawa Timur ke-74, Hari Jadi Kabupaten Tuban serta Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2019. Selain Pertamina, kegiatan ini juga didukung oleh PT TPPI (Trans Pacific Petrochemical Indonesia).

Unit Manager Communication, Relations, dan CSR Pertamina MOR V, Rustam Aji menjelaskan program Kesehatan merupakan salah satu pilar dari kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan. Selain Kesehatan, pilar CSR Pertamina lainnya adalah Pendidikan, Lingkungan Hidup, dan Pemberdayaan Masyarakat.

Rustam menambahkan, bahwa selain menjalankan tugas utama untuk melayani kebutuhan energi, Pertamina selalu melaksanakan program-program sosial yang memberikan dampak positif, khususnya untuk masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya.

“Kami berharap kegiatan ini dapat mengedukasi  anak-anak, khususnya di Tuban, untuk  lebih peduli kepada kesehatan gigi dan mulut sejak dini, agar mempunyai senyum sehat dan cemerlang,” pungkasnya. (Dur/Rul)

/