Peziarah Mulai Padati Komplek Makam Sunan Bonang

1117

kabartuban.com – Ribuan peziarah dari berbagai daerah di Jawa Timur mulai padati kawasan makam Sunan Bonang yang ada di kelurahan Kutorejo, Kecamatan Tuban.

Kedatangan para peziarah yang rata-rata rombongan keluarga ini bermaksud mendoakan salah satu wali sembilan yang bernama Syekh Maulana Makhdum Ibrahim, sekaligus ngalap berkah di moment haul yang setiap tahun diperingati pada malam Jumat Wage di bulan Muharram.

Kholis salah satu pengunjung makam, berasal dari Kabupaten Bojonegoro mengaku, pihaknya rela datang sejak pagi sampai di Bumi Wali, untuk mencari keberkahan dan bisa meneladani akhlaq dari salah satu putra dari Sunan Ampel ini di masa hidupnya, hingga sampai saat ini, orang-orang dari penjuru nusantara berdatangan untuk berziarah makam sunan Bonang.

“Ya mencari keberkahan dari mbah Mbonang,” ujar Kholis kepada awak media di komplek makam, Kamis (20/9/2018).

Senada juga diungkapkan oleh Ahmad Muzammil dari Surabaya. Dia sengaja menyempatkan waktunya untuk berziarah di Makam Sunan Bonang pada haul tahun ini. Dia menuturkan, kebiasaan semacam ini sudah sering dilakukannya setiap tahun.

“Setiap tahun ziarah ke Makam Sunan Bonang, terutama saat haul,” tambahnya.

Selain untuk mendoakan, Abdul Wahid juga berharap bisa mendapatkan ridho Allah dalam setiap melangkah ke arah yang lebih baik.

“Semoga keberkahan selalu kita dapatkan, dan semoga kita mendapatkan manfaat yang baik dari Allah,” papar pria yang mengaku berangkat secara rombongan itu. (Dur/Rul)

/