PHR Jadi Sektor Unggulan Ketiga Penggerak Perekonomian Kabupaten Tuban

513
Foto Ilustrasi

kabartuban.com – Sektor Perdagangan, Hotel dan Restoran (PHR) merupakan sektor unggulan dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tuban. Pasalnya, dalam 3 tahun terakhir peranannya sebagai penggerak perekonomian di Kabupaten Tuban menduduki  urutan ke tiga terbesar setelah sektor Industri dan Pertanian.

“Sektor ini sangat potensial sebagai lokomotif penggerak perekonomian Kabupaten Tuban, dan peranannya yang menempatkan sektor ini sebagai kontributor urutan ke tiga terbesar setelah sektor Industri dan Pertanian,” terang Mustarikah selaku Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tuban, Senin (22/8/2016).

Rika, sapaan akrabnya melanjutkan, secara keseluruhan peran sektor PHR pada tahun 2014 mencapai 18,37 persen, dan terus mengalami peningkatan peran dibanding tahun sebelumnya.

“Dari tahun 2010 hingga 2013 sebesar 17,90 peresen, 18,03 persen, 18,02 persen, dan 18,41 persen,” ungkapnya.

Menurutnya, sektor PHR yang kontribusinya terus meningkat merupakan sektor strategis bagi Kabupaten Tuban. Hal ini disebabkan letak Kabupaten Tuban yang dilewati jalur lalu lintas utama dan merupakan jalur pantai utara yang sangat padat.

“Pertumbuhan ekonomi saat ini sepenuhnya bertumpu pada sektor PHR, karena sektor utama lainnya masih dalam kondisi pemulihan kinerja,” tuturnya.

Rika menambahan, subsektor perdagangan saat ini menjadi subsektor yang dimotori oleh Usaha Mikro, Kecil,dan Menengah (UMKM) yang merupakan pengusaha kelas menengah ke bawah dan sudah terbukti bisa bertahan meski diterpa badai krisis ekonomi. (har)

/