Pleno DPTb Tahap Dua, Pemilih Keluar Mendominasi

171

kabartuban.com – Pindah pilih keluar Kabupaten Tuban mendominasi daftar pemilih tambahan (DPTb) tahap dua di Kabupaten Tuban, baik pindah memilih ke luar ataupun masuk.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban, Nur Hakim saat dikonfirmasi mengatakan, terdapat 1.984 orang pindah memilih ke luar TPS setempat. Sementara pindah domisili masuk sebanyak 695.

“Pindah domisili menjadi yang paling banyak diantara semua kategori masuk DPTb,” ujar Nur Hakim usai rapat pleno penetapan Daftar Pemilih tambahan (DPTb) tahap dua.

Pihaknya mengatakan, dari tambahan tersebut di dominasi di lapas kelas II Tuban, sebanyak 254 pemilih yang masuk. Namun pihaknya sudah mengusulkan ke KPU RI meski sampai hari ini belum ada hasilnya.

“Harapan kita, semoga usulan dua TPS di lapas untuk pemilih tambahan disetujui oleh KPU RI, agar mempermudah dalam pelaksaan,” harapnya.

Sementara Komisioner Bawaslu Kabupaten Tuban, Devisi Sengketa Sunarso, ada beberapa catatan yang ada dalam pleno yang diselenggarakan di Gedung KPU Kabupaten Tuban, Jalan Pramuka Nomor 3, Kelurahan Sidorejo ini, seperti dua TPS lapas sudah diajukan ke KPU RI, Namun masih menunggu hasilnya, dana beberapa hal lain yang lain. Pihaknya juga memahami karena ada beberapa kebijakan yang sifatnya mendadak sehingga KPU dan jajarannya melakukan gerak cepat untuk melaksanakannya.

“Kita sudah antisipasi dengan berkoordinasi dengan KPU dan jajarannya, dan untuk TPS lapas 11 dan 12 nunggu tindakan Lanjut dari KPU RI,” tambahnya.

Sementara data DPTb tahap dua yang sudah ditetapkan, pemilih yang masuk dan mengurus di daerah asal sebanyak 134 pemilih yang tersebar 72 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 65 Desa/Kelurahan dan 19 Kecamatan, terdiri laki 74 pemilih dan perempuan 60. Kemudian yang pemilih masuk yang mengurus di daerah tujuan ada sekitar 561 terdiri laki-laki 508 dan perempuan 153 pemilih yang tersebar di 127 TPS, di 68 desa/kelurahan di 15 Kecamatan yang ada.

Sedangkan pemilih yang keluar yang mengurus daerah asal, sebanyak 244 pemilih yang tersebar 161 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 89 Desa/Kelurahan dan 18 Kecamatan, terdiri laki 123 pemilih dan perempuan 121 pemilih.

Kemudian pemilih keluar yang mengurus di daerah tujuan ada sekitar.1.740 terdiri laki-laki 1.125 dan 615 perempuan yang tersebar di 1.200 TPS, di 295 desa/kelurahan di 20 Kecamatan yang ada. (Dur/Rul)

Apa Komentarmu?

SHARE