PMM 70 UMM Gandeng Dinkes Tuban Lakukan Edukasi dan Sosialisasi Adaptasi Kehidupan Baru

Dimasa pandemi seperti saat ini, kita diharuskan untuk selalu menjaga kebersihan diri sendiri maupun lingkungan sekitar kita. Dengan tetap menjaga kebersihan dan kesehatan diri sendiri serta tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah, kita dapat bersama-sama membantu memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19. Melihat hal ini, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tergabung dalam Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 70 yang dibimbing oleh Risky Angga Pramuja, SE.,M.Ec.Dev memilih bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban untuk melakukan edukasi langkah mencuci tangan yang baik dan benar guna menerapkan kebiasaan hidup baru di masa pandemi seperti saat ini. Para anggota PMM 70 ini melakukan edukasi dini kepada santri di salah satu yayasan yang ada di Desa Tunah, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Rabu (9/9/2020) Kelompok 70 PMM UMM memulai kegiatan edukasi bagaimana cara menerapkan kebiasaan hidup baru yang sehat di masa pandemi seperti saat ini. Sasaran dari edukasi ini yaitu anak-anak usia 5-12 tahun, hal ini bertujuan agar mereka dapat memahami pentingnya menjaga kebersihan serta kesehatan diri sendiri sejak dini. Antusias para santri untuk mendapatkan edukasi langkah mencuci tangan sangat besar, tidak sedikit dari mereka yang mampu mempraktikkan langkah-langkah cuci tangan tersebut dari awal sampai akhir dengan benar.

Mahasiswa UMM saat melakukan edukasi langkah-langkah mencuci tangan.

Pada minggu berikutnya di hari Selasa (15/9/2020) PMM 70 UMM melakukan serangkaian kegiatan sosialisasi tentang adaptasi kebiasaan baru yang perlu dilakukan saat pandemic seperti yang terjadi sekarang ini. Dalam melaksanakan aksi sosialisasi ini, kelompok PMM 70 menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban untuk berkerjasama dalam memberikan sosialisasi mengenai pentingnya menerapkan kebiasaan hidup baru yang sehat. Tidak hanya bersosialisasi dengan warga Desa Tunah, anggota PMM 70 juga membagikan sejumlah masker kepada warga yang berada di rumah maupun yang sedang melakukan aktivitas di luar rumah. Pembagian masker seperti ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran warga untuk tetap memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan dan bertemu banyak orang.

Selain masker kelompok PMM 70 Desa Tunah juga membagikan brosur yang berisikan tentang apa saja yang harus dilakukan untuk melakukan kebiasaan hidup baru yang sehat, dan apa saja yang perlu dibawa saat hendak bepergian. Brosur ini dibuat oleh anggota PMM 70 yang kemudian dikonsultasikan dengan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban untuk layak dibagikan pada warga. Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban dan juga Kepala Desa Tunah beserta Perangkat Desa. Dengan adanya kegiatan semacam ini, tentu saja akan membawa dampak positif bagi warga Desa Tunah, dan dapat meningkatkan kesadaran diri untuk bersama-sama mengurangi resiko persebaran COVID-19.

Kelompok PPM 70 UMM saat memberikan brosur tentang apa saja yang dilakukan saat menghadapi kebiasaan baru di masa pandemi.

Oleh: Mahasiswa Universitas Muhammadyah Malang (UMM)  PMM 70

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close