Pohon Tumbang, Rengel Sempat Mancet

418

kabartuban.com – Hujan deras disertai angin kencang melanda Wilayah Tuban pada Rabu (17/2/2016) malam, akibatnya sejumlah pohon dilaporkan bertumbangan. Salah satunya terjadi di Desa Banjaragung, Kecamatan Rengel pohon tumbang hingga mengakibatkan kemacetan di kawasan setempat.

Dari data yang dihimpun oleh kabartuban.com, Kapolsek Rengel AKP. Musa Bahtiar menerangkan, pohon tumbang terjadi di Desa Banjaragung, tepatnya di sebelah SMA Negeri Rengel pukul 21.30 WIB.

“Pohon tumbang di jalan raya akibat hujan deras disertai angin kencang sehingga mengakibatkan macet, kemudian anggota Polsek Rengel bersama warga masyarakat menebang dan membersihkan pohon yang tumbang,” terang Musa kepada kabartuban.com, Kamis (18/2/2016).

Lebih lanjut Musa mengungkapkan, sekitar pukul 22.45 WIB pohon yang tumbang tersebut berhasil dibersihkan dan disingkirkan, sehingga jalan raya dapat kembali normal. Pohon tumbang tersebut menghalangi jalur cepat, sehingga arus lintas dialihkan ke jalur lambat. Kemudian, pada pukul 23.30 WIB, jalur cepat sudah bisa dilewati dan lalu lintas kembali normal.

Musa menghimbau, agar masyarakat pada musim hujan ini lebih hati-hati dan waspada, khususnya saat berkendara karena jalanan licin, dan saat menjumpai kubangan air agar mengurangi kecepatan dan tetap mengutamakan keselamatan.

Terpisah, Joko Ludiono selaku Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyatakan, gumpalan awan hitam atau disebut dengan Awan Cumulonimbus merupakan salah satu penyebab terjadinya  awan pembawa hujan, dan fenomena sebelum hujan yang diikuti oleh angin yang disertai petir.

“Sebelumnya kita sudah update di media sosial sekitar pukul 17.00 WIB, satu jam sesudahnya langsung hujan deras dan angin,” terangnya.

Joko menambahkan, pohon tumbang terjadi di Kecamatan Semanding, Plumpang, Rengel, Widang, Jenu dan di Tuban Kota. Dia menghimbau, agar masyarakat hati-hati terhadap bencana, banjir, maupun puting beliung, mengingat belakangan ini curah hujan tinggi. (har/im)

/