PSB SMP Masih Menunggu Kepastian Kadis

PSB SMP Masih Menunggu Kepastian Kadis

906
SHARE
Proses pendaftaran masuk sekolah menegah tingkat pertama di tuban. (ilustrasi)

kabartuban.com- Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban,  masih menunggu kepastian soal Penerimaan Siswa Baru (PSB) tahun 2017 / 2018 yang drafnya sudah digodok  sebelumnya. Ada perbedaan mendasar pada penerimaan siswa baru tahun ini dengan sebelumnya, yakni tidak adanya tes masuk yang dilakukan SMPN 1 dan SMPN 3, dan tahun ini penerimaan siswa baru akan dilaksanakan bersamaan.

“Yang membedakan tahun ini dengan tahun sebelumnya, tidak ada sekolah yang membuka pendaftaran lebih dahulu, semua serentak bersana,” kata Kepala Bidang Pendidikan SMP, Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban,  Sutarno, kepada kabartuban.com (7/6/2017)

Disamping itu, lanjut Kepala Bidang SMP ini, penerimaan siswa baru juga akan disistem zonasi dan rayon, dimana siswa hanya dapat mendaftar di sekolah dalam satu zona. Tujuanya agar ada pemeratan siswa dan siswa tidak hanya fokus pada sekolah yang ada di wilayah perkotaan saja seperti selama ini.

“Sesuai draf yang belum ditandatangani kepala dinas (Kadis), ada aturan zona, namun kepala dinas masih menghendaki bebas,” terang  Sutarno.

Lebih lanjut, penerimaan siswa baru tingkat SMP ini akan dijadwalkan  mulai 9 dan 10 Juni untuk penerimaan siswa baru jalur khusus, yakni jalur penerimaan siswa berprestasi, kemudian jalur umum atau reguler akan dimulai pada 12 Juni hingga 14 Juni mendatang.

“Jalur khusus ini, siswa hafal Alqur’an tiga jus bisa bebas masuk SMP, kemudian juga siswa berprestasi juara satu tingkat Provinsi,” lanjut Tarno.

Dikonfirmasi terpisah, Sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Nur Khamid membenarkan soal belum ditandatanganinya draf  PSB tersebut, pihaknya mengaku belum dapat membeberkan secara pasti ketentuan penerimaan siswa baru tahun ini.

“Yang pasti berbeda, berdasarkan draf yang belum ditandatangani kepala, sistemnya rayon dan tidak ada tes di SMPN 1 dan 3, ” katanya. (Luk)

Apa Komentarmu?