Pahlawan Kebersihan, Gelar Upacara di TPA

310
Para pemulung di TPA Gunung Panggung Kelurahan Gedongombo Kecamatan Semanding saat melakukan penghormatan pada sang saka merah putih.

kabartuban.com – Lokasi pelaksanaan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tidak mesti di lapangan atau halaman sekolah, sejumlah komunitas justru memilih tempat-tempat unik seperti di puncak gunung atau dasar laut.

Namun, bagi sejumlah pemulung dan pegawai Dinas Lingkungan Hidup (LHK) Kabupaten Tuban, di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Gunung panggung, Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding dinilai cocok menjadi tempat pengibaran bendera Merah Putih.

Prosesi upacara yang berlangsung sederhana, sang saka Merah Putih dikibarkan di sebuah tiang pipa, tanpa menggunakan seragam seperti para pejabat, para pahlawan sampah ini cukup mengunakan pakaian dengan topi caping di kepala yang sehari-hari mereka pakai.

Kapala Bidang pengolahan sampah, pengolahan limbah B3 DLH, Arwin Mustofa selaku inspektur upacara mengajak masyarakat yang mengais rezeki di sampah ini agar bisa menjaga keselamatan, karena, resiko yang dihadapi sangatlah tinggi.

“Bahaya di sekitar kita sangatlah tinggi, jadi harus bisa menjaga diri,” tambahnya.

Selain itu, pihaknya juga mengajak semua anggota dan para pemulung untuk berperan aktif ‘memerangi’ sampah. Pemulung juga dinilai, menjadi simbol pahlawan dalam menjaga lingkungan agar selalu tampak bersih.

”Di tahun 2025 Kebijakan dan Strategi Daerah dalam Pengelolaan sampah (Jakstra), sampah harus bisa tertangani, seperti, sampah yang di kali maupun di jalan-jalan bisa di tangani,” katanya.

Marmi, salah satu pemulung, mengaku bangga karena selamai ini bisa memanfaatkan sampah yang masih bisa di daur ulang. Selain itu, profesi yang beberapa tahun dilakoninya ini telah mampu menghidupi keluarga serta menyekolahkan anaknya.

“Kami sebagai warga Indonesia gembira usia kemerdekaan negara ini telah masuk ke-73, semoga Indonesia terus maju dan menyejahterakan rakyatnya,” ujar Marni.(Dur/Rul)

/