Puncak Musim Kemarau, Waspada Potensi Kebakaran 

482
Joko Ludiyono, Kepala BPBD Kabupaten Tuban.

kabartuban.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban menghimbau pada masyarakat agar mewaspadai potensi kebakaran pada musim kemarau, seperti saat ini. Sebab potensi kerawanan kebakaran meningkat seiring dengan memuncaknya musim kemarau, terlebih banyak benda kering pada musim panas seperti saat ini.

“Jauhkan obyek yang mudah terbakar, dan hindarkan benda benda kering dari api,” himbau Kepala BPBD Tuban Joko Ludiyono (11/9/2018).

Menurut Joko Ludiyono, hingga pertengahan tahun ini, atau hingga Juni 2018, peristiwa kebakaran di pemukiman tercatata sudah mencapai 25 kali, belum lagi kebakaran hutan yang terjadi akhir-akhir ini pada beberapa wilayah.

“Duapuluh lima kali, dengan satu korban luka berat,”  terang Joko.

Lebih lanjut, musim kemarau tidak saja menimbulkan kerawanan kebakaan, namun juga mengancam beberapa wilayah di Kabupaten Tuban terdampak kekeringan hingga kesulitan ari bersih. Berdasarkan data BPBD Kabupaten Tuban, lebih dari enam Kecamatan sering mengalami kekeringan setiap musim kemarau.

“Droping air bersih masih terus kami laksanakan guna memenuhi kebutuhan air pada masyarakat,” sambung Joko.

Sementara itu, berdasarkan prakiraan cuaca oleh Badan Meterologi Kimatologi dan Geo fisika (BMKG),  Musim kemarau diprediksi masih akan berlangsung hingga awal Nopember mendatang. (Luk)

Apa Komentarmu?

SHARE