Puting Beliung Robohkan Rumah Seorang Nenek di Widang

295
Kondisi Rumah Kastini (60) di Dusun Pencol, Desa/Kecamatan Widang yang roboh. (Foto : BPBD Kabupaten Tuban)

kabartuban.com – Rumah milik Kastini (60) seorang nenek di Dusun Pencol, Desa/Kecamatan Widang roboh, setelah di terjang puting beliung, Rabu (2/12/2018) malam.

Saat kejadian terjadi berlangsung, nenek yang tinggal bersama dengan cucunya berada di dalam ruangan. Hujan deras yang disertai angin kencang mengguyur wilayah Widang selama beberapa jam.

Tiba-tiba terdengar suara kayu patah, sehingga ia segera mengajak cucunya keluar rumah. Tidak lama kemudian rumah miliknya pun roboh rata dengan tanah.

“Alhamdulillah mbah Kastini sadar saat dengar suara kayu patah, hingga mengajak cucunya keluar rumah, hanya dengan waktu singkat, rumahnya roboh,” ujar Camat Widang, Sartono saat dikonfirmasi Kabartuban.com, Kamis (3/1/2019).

Tak ada korban jiwa saat peristiwa tersebut, dan diperkirakan kerugian meteri sebanyak Rp 50 juta.

Sementara Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Joko Ludiyono mengatakan, puting beliung yang menerjang kemarin malam, dampaknya ada beberapa rumah yang mengalami rusak ringan, dan satu rumah rusak total.

Saat ini tim BPBD Kabupaten Tuban sedang menuju ke lokasi kejadian memberikan sedikit bantuan sembako, dan 1000 buah atap genteng untuk masyarakat yang terkena musibah.

“Ini tim sudah kesana berikan bantuan, genteng dan sembako,” tambahnya.

Pihaknya berharap, dari kejadian tersebut tidak merembet ke wilayah yang lainnya seperti Palang dan sekitarnya.

Pada tahun 2018 kemarin, tujuh Kecamatan sudah diterjang puting beliung, diantaranya Bancar, Palang, Jatirogo, Senor, Bangilan, Jatirogo dam sekarang Widang, karena wilayah tersebut berada di dataran rendah, jadi potensi bencana tersebut terjadi sangat tinggi.

Selain itu, puncak musim hujan dari prediksi Badan Meteorologi dan Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Februari sampai Maret, maka masyarakat di minta waspada.

“Semoga Tuban di tahun ini aman terkendali,” tambahnya. (Dur/Rul)

Apa Komentarmu?

SHARE