Ragam Makanan Tangkal Corona, Wong Tuban Silahkan Dicoba

9
foto ilustrasi/internet

kabartuban.com – Belakangan ini, banyak sekali orang-orang yang sadar akan pentingnya meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh. Apalagi, saat pandemi Covid-19 yang beberapa bulan ini telah menginfeksi ratusan ribu orang di dunia. Memperkuat sistem imunitas tubuh merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menangkal berbagai virus, termasuk virus Corona ini.

Novel coronavirus 2019 (2019-nCov) atau yang lebih dikenal dengan nama virus Corona merupakan virus yang menginfeksi tubuh manusia dan menyebabkan gangguan sistem pernafasan, pneumonia, serta gagal ginjal.

Virus yang dikenal sebagai virus yang sangat mudah menular ini, cepat menginfeksi seseorang dengan sistem imun yang rendah. Pada seseorang yang memiliki sistem imun yang kuat, virus ini tidak menampakkan gejala pada penderita, namun tetap bisa menularkan pada penderita lainnya yang memiliki sistem imun rendah sehingga gejalanya pun sangat terlihat.

Lalu bagaimana cara meningkatkan imunitas tubuh ?

Dilansir dari laman Alo Dokter, ragam makanan penguat sistem kekebalan tubuh dapat membantu meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat dalam menghalau infeksi dari virus. Beberapa jenis makanan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubub tersebut adalah;

  1. Brokoli

Brokoli mengandung banyak serat dan antioksidan, serta kaya akan vitamin A, C, dan E. Kandungan nutrisi inilah yang membuat brokoli mampu menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Bayam

Kandungan antioksidan pada bayam tidak kalah tinggi dibandingkan brokoli. Sayuran ini juga mengandung banyak beta karoten, vitamin C, dan vitamin A yang efektif untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Namun, hindari memasak bayam terlalu lama agar nutrisinya tidak terbuang.

  1. Bawang putih

Rempah yang paling sering digunakan sebagai bumbu makanan ini mengandung zat allicin. Zat ini mampu menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang aktivitas dan produksi sel darah putih.

Selain itu, bawang putih juga mengandung zat yang dapat membasmi bakteri, virus, dan parasit, serta memiliki sifat antioksidan yang dapat meredakan peradangan, menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung, dan menjaga tekanan darah tetap normal.

  1. Kunyit

Warna kuning pada kunyit menunjukkan bahwa rempah ini mengandung kurkumin. Kurkumin merupakan antioksidan yang turut berperan dalam menunjang fungsi sistem kekebalan tubuh.

Zat ini juga memiliki sifat antiradang yang diyakini dapat membantu mengatasi osteoarthritis dan rheumatoid artritis. Tak hanya itu, kunyit bahkan memiliki potensi untuk mengurangi risiko terjadinya sejumlah penyakit serius, seperti diabetes, demensia, gangguan jantung, hingga tumor.

Meski begitu, manfaat kunyit sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit masih perlu diteliti lebih lanjut.

  1. Buah-buahan

Buah-buahan berwarna cerah dan terang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Beberapa jenis buah yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah pepaya, jeruk, lemon, cabai, paprika, kiwi, mangga, jambu, dan stroberi.

  1. Makanan laut

Makanan laut mengandung sejumlah nutrisi penting, seperti protein, omega-3, asam lemak tak jenuh ganda (PUFA), serta vitamin dan mineral, yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat. Jenis makanan laut yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh antara lain ikan, kerang, dan tiram.

  1. Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan probiotik. Selain yoghurt, probiotik juga banyak terkandung dalam makanan lainnya hasil fermentasi, seperti kimchi atau tempe.

Probiotik adalah bakteri baik yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menghalau infeksi bakteri penyebab penyakit tertentu, seperti diare, infeksi saluran kemih, dan ISPA.

Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar dapat berfungsi dengan optimal, Anda perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang terdiri dari beragam jenis makanan di atas. Jadi, sambil kita lakukan himbauan pemerintah untuk tetap di rumah saja, jangan lupa konsumsi makanan yang sehat.

Penulis : Aidilla Winda P

Editor    R: Koko Dwi 

/