Ratusan Pelajar Antusias Ikuti Lomba Minat dan Budaya Baca

129
Bupati Tuban H Fathul Huda saat memberikan hadiah buku pada salah satu siswa.

kabartuban.com – Ratusan pelajar mulai dari tingkat Taman Pendidikan Kanak-Kanak (TK) hingga jenjang SMA sederajat dan bahkan dari Play Grup (PG) di Kabupaten Tuban, sangat antusias dalam mengikuti lomba Minat dan Budaya Baca, yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) selama 3 hari kedepan (14-16/11/2017)

Seperti yang disampikan oleh Joko Prijono Kepala Dispersip Tuban, Lomba mewarnai tingkat PG dan PAUD diikuti 79 peserta, lomba melukis caping TK/RA diikuti 117 peserta, lomba bercerita tingkat SD 57 peserta, Bercerita Guru PAUD, TK/RA 30 peserta, Pidato Bahasa inggris SMP 36 peserta dan Uji Cerdas SMA sederajat 21 tim peserta.

“Ada enam kategori yang di perlombakan, dalam memeriahkan hari kunjung perpustakaan dan hari gerakan baca nasional serta Hari Jadi Tuban ke 724,” kata Joko (14/11/2017).

Joko juga menjelaskan, ada tiga jenis lomba yang diselenggarakan pada hari Selasa ini, yaitu, Lomba Mewarnai, Melukis Caping dan bercerita bagi Guru TK/RA. Sementara tiga lomba lainnya, akan diselenggarakan hari Rabu dan Kamis besok.

“Untuk TK/RA ada tiga lomba yang di tandingkan hari ini, dan akan di lanjutkan besuknya 3 lomba lagi” tambah Joko.

Sementara itu, Bupati Tuban H Fathul Huda dalam sambutannya menyampaikan, bahwa lomba minat dan budaya baca yang diselenggarakan sangat baik untuk mencetak generasi muda Bumi Wali yang cerdas dan berkarakter.

“Dengan membudayakan membaca sejak dini,  akan menjadi memudahkan kita dalam menyiapkan barisan kedua untuk masa yang akan dating, dengan kuailitas yang lebih baik dan berkarakter” kata Bupati Tuban.

Menurut Bupati, untuk membangun masyarakat yang maju memang perlu ditumbuhkan budaya membaca. Sehingga bisa memberikan edukasi dan wawasan yang luas bagi masyarakat.

“Lomba ini bertujuan untuk membangun genarasi penerus Kabupaten Tuban yang gemar membaca, dan menjadikan budaya membaca sebagai kebutuhan” pungkas mantan Ketua PCNU ini. (Dur)

Apa Komentarmu?

SHARE