Ratusan Petugas Akan Siaga Amankan Haul Langitan

489

kabartuban.com – Polres Tuban akan menerjunkan 243 anggotanya untuk melakukan penjagaan peringatan Haul pondok pesantren Langitan, Kecamatan Widang, yang akan dilaksanakan pekan depan. Penjagaan tersebut dilakukan untuk memastikan kagiatan tahunan yang diprediksi menyedot perhatian 20 ribu jamaah itu berjalan lancar .

Kabag OPS Polres Tuban, Kompol Ngadi menjelaskan, sedikitnya ada 300 lebih petugas yang akan bersiaga selama dua hari di pesantren tersebut, mereka terdisi dari petugs kepolisian, petugas kesehatan, Satpol PP, Dnas Pehubuungan dan TNI.

“Selain memastikan kegiatan aman, kami juga memastikan lalulintas aman di sekitar lokasi kegiatan, karena berada tepat di sisi jalur utaman,” Terang Kompol Ngadi.

Lebih lanjut Polres Tuban juga telah berkoordinasi dengan kepolisian Daerah Jawa Timur, dan Polres Lamongan, karena dimungkinkan akan ada pengalihan arus kendaraan dari arah Surabaya, khususnya kendaraan berat agar tidak melintasi jalur Babat-Tuban di Kecamatan Widang.

“Kami masih berkoordinasi, soal pengalihan arus, harapannya semua berjalan ancar,” harap Kompol Ngadi.

Sementara itu, Sekertaris Dinas Perhubungan Gunadi mengaku, terkait pengamanan lalulintas selama kegiatan Haul Langitan, pihak dinas sudah berkoordinasi dengan kepolisian.

“Kami dari Dishub akan all out membantu sepenuhnya, kemarin kami sudah rapat dengan pihak kepolisian dan instansi terkait soal kesiapan disana,” kata Gunadi.

Menurut Gunadi ada beberapa poin yang menjadi pembahasan dalam rapat koordinasi yang dilaksanakan di Polres Tuban kemarin.
Diantaranya seperti pengamanan dan pengaturan yang akan dilakukan tanggal 17 dan 18, penyeberangan dari barat melalui jembatan penyeberangan, sedangkan dari Timur lewat bawah dan dibuat 2 titik penyeberangan. Selanjutnya juga akan diusulkan ke Polda pada saat hari H pengalihan arus truk dari Surabaya melalui pantura sehingga tidak terjadi penumpukan di jembatan cincim Widang.

“Selain itu panitia harus menyediakan pos dan pengeras suara di lokasi penyeberangan untuk sarana memberikan himbauan, kalau perlengkapan rambu barier dan lainnya menggunakan milik Dishub disiapkan dan ditata mulai hari Rabu pagi,” terang Gunadi. (Luk)

/