Rawan Tersumbat, Masyarakat Dilarang Buang Sampah di Saluran Pembuangan

321
Kabid Kebersihan dan Pertamanan, Sumarno.

kabartuban.com – Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Kabupaten Tuban, memita masyarakat tidak membuang sampah di gorong-gorong atau selokan untuk menghindari melubernya saluran air tersebut saat hujan terjadi, sebab bulan ini merupakan musim penghujan yang ditandai dengan tingginya intensitas hujan yang terjadi.

“Beberapa titik masih sering meluber, seperti di Jalan Pramuka, dan Jalan Teuku Umar, masyarakat kami minta tidak membuang sampah sembarangan, terutama di selokan dan saluran pembuangan,” terang Kabid Kebersihan dan Pertamanan Sumarno.

Menurut Sumarno, masyarakat diminta ikut menjaga kebersihan aliran pembuangan, sebab pada ABPD tahun ini tidak ada anggaran untuk refitalisasi gorong-gorong dan got kawasan perkotaan jika mampet atau rusak.

”Tahun ini tidak ada anggaran dari APBD, mungkin pada anggaran perubahan PAK,” katanya.

Lebih lanjut, Dinas sendiri saat ini telah membentuk satgas, yang akan betugas memberikan pelayanan dan penanganan jika ada laporan, berkaitan dengan permasalahan dan kebersihan.

”Satgas ini akan langsung terjun jika ada laporan, bahkan saat hujan mereka juga keliling siapa tahu ada yang tersumbat,” katanya.

Sebelumnya, Tuban diguyur hujan lebat, termasuk jalur utama pantura, Jalan Teuku Umar, yang terendam setinggi 30 cm, derasnya hujan tidak mampu tertampung saluran pembuangan mengakibatkan air menggenangi jalan. (Luk)

/