Rayakan HUT RI Ke-71, Pecinta Alam Acarina Kibarkan Merah-Putih Dalam Goa Ngerong

505

kabartuban.com – Berbagai cara dilakukan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI-71, salah satunya para pemuda yang tergabung dalam Pecinta Alam Acarina menggelar Upacara bendera di dalam Goa Ngerong yang terletak di Desa/ Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, pada Selasa malam (16/8/2016).

Pecinta alam di bawah naungan Yayasan Pecinta Alam Acarina Indonesia (YPAAI) tersebut  Mengerahkan sekitar 15 anggota YPPAI, Sang Saka Merah Putih berkibar tepat di penghujung malam kemerdekaan.

“Sudah menjadi ciri khas bagi Acarina yang menjadikan Goa Ngerong sebagai icon dari YPAAI sendiri, selain itu juga untuk promosi icon utama kita,” terang Mifta Ario salah seorang annggota Acarina kepada kabartuban.com.

Mifta melanjutkan, perjalanan memasuki goa sekitar pukul 21.00 WIB, peserta upacara memasuki goa dilengakapi standart safety atau keamanan diri. Yang mana safety menjadi prioritas, sehingga setiap peserta wajib memakai cover body, helm, sepatu bot, dan head lamp.

“Kami masuk sampai kedalaman kurang lebih 1 kilometer dekat dengan air terjun, menuju titik alur yang dijadikan lokasi upacara, sebagian peserta menggunakan perahu karet oval standar dan ban karet berpelampung,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Adm KPH Tuban, Mukhlisin Sabarna yang sekaligus menjadi pemimpin upacara menyatakan,  menempuh perjalan sekitar 2 jam dengan beberapa kali jalan kaki membuatnya takjub akan keindahan Goa Ngerong dengan panjang alur goa sekitar 1.800 meter.

“Upacara dalam goa merupakan salah salah satu cara kita turut merasakan perjuangan pahlawan merebut kemerdekaan 71 tahun silam,” tutupnya.

Diketahui, upacara berjalan cukup khidmat dan selesai pukul 01.00 WIB, dan peserta langsung kembali keluar dari goa. (har)

/