Rayakan Tahun Baru Islam, Warga Talun Montong Berburu Ikan

585

kabartuban.com – Ratusan orang berhamburan terjun ke sawah penuh air dan lumpur setelah panitia peringatan tahun baru hijiriyah memberikan aba-aba untuk menangkap ikan lele di area sawah seluas 20 x 40 M.

Peserta lomba menangkap ikan lele yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Islan Hidayatul Umum, Desa Talun, Kecamatan Montong itu didominasi oleh anak-anak. “Ini sengaja kami lakukan untuk memperingati tahun baru hijiriyah, ini juga sekaligus menjadi hiburan bagi masyarakat sekitar,” terang Kanang Kosim, salah satu panitia penyelenggara.

Kosim menjelaskan, kegiatan gerebek ikan lele atau lomba menangkap ikan lele ini dipilih karena melihat lapangan sekolah yang penuh air hujan, kemudian panitia memutuskan untuk menyelenggarakan lomba ini guna memperingati tahun baru islam.

“Biar ramai peringatan tahun baru islam ini, makanya kami memilih lomba yang dapat diikuti semua generasi,” jelas Kosim yang juga Guru Olahraga di SMP Islam Hidayatul Umum Talun.

Untuk diketahui, setidaknya terdapat 500 peserta yang mendaftar, tetapi masyarakat yang tidak mendafarpun diperbolehkan terjun ke lapangan agar suasana lebih meriah. Dalam lomba tersebut panitia menyiapkan hadiah berupa sembako untuk peserta yang memperoleh ikan paling banyak. (lk/har)

/