Respon Cepat, Banser Langsung Terjun di Lokasi Bencana

395
Para anggota Banser Ansor Jawa Timur saat mendistribusikan bantuan pada korban bencana di Kabupaten Pacitan.

kabartuban.com – Sebagai bentuk kepedulian terhadap penderitaan sesama yang tertimpa musibah bencana alam. Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Jawa Timur memberikan respon cepat dengan menerjunkan Banser Tanggap Bencana (Bagana) dikokasi bencana banjir dan tanah longsor Kabupaten Pacitan.

Kepala Satuan Koordinasi Wilayah (Kasatkorwil) Banser Jawa Timur, H. Syafiq Syauqi, Lc saat dikonfirmasi di kediamanya mengatakan, Banser dan Ansor dari berbagai daerah sudah terjun sehari pasca bencana di Kabupaten Pacitan dengan mengerahkan puluhan personil Bagana.

“Hari kamis kemarin kami langsung ke lokasi, menerjunkan teman-teman dari berbagai daerah di sekitar, pasca kejadian,” kata Syafiq Syauqi (3/12/2017).

Menurut Gus Syafiq Kasatkorwil Banser Jawa Timur, puluhan anggota Bagana langsung berkoordinasi dan bergabung dengan petugas dan aparat setempat, serta tim relawan, pada titik-titik yang sudah ditentukan dengan berbagi tugas sesuai kebutuhan.

“Ada yang mengevakuasi korban, membantu menyalurkan bantuan, hingga membuat dapur umum,” terang Syafiq.

Sebagai bentuk kesiapan banser untuk membantu masyarakat, beberapa daerah sekitar Pacitan, seperti Kabupaten Trenggalek, Ponorogo dan Magetan selalu siaga jika setiap saat dibutuhkan untuk memberikan bantuan.

“Penting juga memberikan bantuan pasca bencana, pemulihan pasca banjir, kami selalu siaga utamanya sahabat-sahabat Banser disekitar wilayah bencana,” tegas Safiq.

Untuk diketahui, dalam menjalankan tugas penyelamatan dilokasi bencana, banser tidak sekedar bergerak, sebelumnya Banser Jatim telah mendapatkan pelatihan dan pembekalan penyelamatan dari BPBD mapun unsur lain dibidang penyelamatan bencana maupun SAR. (Luk)

Apa Komentarmu?

SHARE