Ribuan Pengangguran Serbu JMF Tuban

568

kabartuban.com – Tingkat pengangguran di Kabupaten Tuban terbilang tinggi, buktinya ketika Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar “Job Market Fair”, ribuan pelamar langsung menyerbu lokasi acara di Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Tuban. Pameran lowongan pekerjaan itu berlangsung sejak Selasa hingga Rabu (8-9/5/2018).

Tercatat ada 2117 lowongan pekerjaan dari 60 perusahaan yang ikut serta dalam event tahunan tersebut. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jatim, Setiajit menjelaskan, dari pantauannya di website Disnakertrans khususnya di kanal Bursa Kerja Online (BKOL) Jatim tercatat, setiap bulannya diakses pencari kerja sekitar 30 ribu orang, karena itu acara tersebut digelar.

“Inti acara ini merupakan usaha untuk mempertemukan pengusaha dengan pencari kerja,” ujarnya.

Pihaknya juga menjelaskan, tingkat pengangguran terbuka di Jatim ketika di prosentase ada sekitar 4 persen atau 838 ribu orang, sementara di Kabupaten Tuban ada 18 ribu orang pencari kerja atau 3,35 persen dan tidak menutup kemungkinan diluar Tuban bisa mencari kerja di Bumi Wali, ataupun sebaliknya.

“Angka itu dibawah rata-rata angka pengangguran terbuka  di Jawa Timur, jadi termasuk bagus, ” kata Mantan calon Bupati Tuban ini.

Pantauan di lapangan, terlihat ribuan orang sudah mengantre dan berebut mendaftar di semua stand lowongan kerja yang tersedia. Seorang pencari kerja, Faridatun Nisak mengatakan baru datang untuk melihat-lihat adakah lowongan yang sesuai dengan jurusannya, di bidang ekonomi. Menurutnya, ajang bursa kerja seperti Job Market Fair Tuban ini sangat membantunya.

“Acara-acara seperti sangat dibutuhkan bagi kami yang baru lulus kuliah, mengingat banyaknya cibiran yang mengatakan kalau sarjana banyak yang nganggur. Nah dengan demikian kan saya bisa tahu, di mana saja perusahaan yang tengah membutuhkan lowongan dan inilah kesempatan saya mengakhiri masa nganggur,” sebut Perempuan yang beralamat di Kelurahan Ronggomulyo, Kecamatan Tuban ini. (dur)

Apa Komentarmu?

SHARE