Rp4,9 M Disiapkan Untuk Pilkades Serentak di Tuban

201
Mahmudi (Kepala Dispemas Kabupaten Tuban)

kabartuban.com– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban siapkan anggaran sebesar Rp9,4 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), untuk menyelenggarakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang akan dilaksanakan pada 10 Juli 2019 mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (Dispemas dan KB) Kabupaten Tuban Drs. Mahmudi, M.Si saat dikonfirmasi mengatakan, Pilkades serentak akan diikuti sekitar  274 desa, yang tersebar di 20 Kecamatan yang ada. Jumlah tersebut belum seluruhnya karena masih ada beberapa desa dari total 311 di Kabupaten berjuluk bumi wali ini.

Sesuai regulasi, anggaran Pilkades serentak bersumber dari dana APBD dan APBDes, jumlah tersebut disesuaikan dengan kemampuan desa dan jumlah penduduk yang ada di Desa.

“Besaran anggaran Pilkades serentak tidak sama, tapi disesuaikan dengan masing-masing desa,” kata Mahmudi, Rabu (27/2/2019).

Selain dari APBD, Pilkades serentak juga dapat di dukung dengan dana APBDes, namun peruntukanya dibatasi, salah satunya adalah untuk pembiayaan kegiatan rapat, sosialisasi, dan konsumsi panitia ketika pemungutan suara berlangaung, sedangkan perlengkapan pemungutan, seperti surat suara dan kota suara menggunakan APBD.

“Untuk dana yang dari APBD nanti bisa dipergunakan untuk pengadaan Alat Tulis Kantor (ATK), surat suara, kotak suara, dan honor panitia,” terang Mahmudi.

Lebih lanjut, tahapan pemilihan Pilkades serentak saat ini telah memasuki tahap awal atau pembentukan panitia pemilihan kepala desa. Sedangkan untuk pendaftaran tidak dipungut biaya.

“Setelah panitia terbentuk, selanjutnya menyusun biaya pelaksanaan Pilkades di masing-masing desa,” imbuh Mahmudi.

Sementara itu, kepala Desa Pucangan, Kecamatan Montong Santiko, saat dikonformasi terkait Pilkades mengatakan, desanya akan mengikuti Pilkades serentak pada 10 Juli mendatang. Saat ini pihak BPD setempat juga tengah menyiapkan dan pembentukan panitia penyelenggara Pilkades didesanya.

“Desa kami ikut serentak Juli, dan saat ini BPD telah membentuk panitianya,” kata Santiko. (Luk/Rul) 

Apa Komentarmu?

SHARE