Rubah Politik Dinasti Di Bumi Wali,

Empat Parpol Deklarasi Poros Baru

kabartuban.com – Suhu politik mulai kian menghangat, disaat tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 2020, baru dimulai di Kabupaten Tuban.

Terbukti empat partai yang menyebutkan diri, sebagai poros perubahan, yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Nasdem dan terakhir Partai Demokrat.

Keempat partai ini, mengaku menjadi korban minoritas kursi yang berada di legislatif, yang hampir tidak dianggap keberadaannya.

“Ini sudah ngempet, dengan politik dinasti yang akan digunakan oleh mereka (PKB dan Golkar,red), saatnya kita merubah, wujudkan demokrasi di Tuban ini,” kata Rasmani, inisiator deklarasi yang juga menjabat sebagai Sekretaris DPD Partai Nasdem Tuban ini.

Sementara itu, Ketua DPC PAN Tuban, Agung Supriyanto menambahkan, apa imbasnya industralisasi berada di Tuban. Pabrik besar didirikan di Tuban. Namun, kondisi taraf hidup  masyatakat tidak ada perubahan.

“Padahal kekuasaan, memiliki kewenangan yang luar biasa. Bisa dijadikan untuk merubah itu, salah satu caranya, ya menyatukan misi dan visi untuk Tuban kedepan lebih baik lagi,” katanya.

Pria yang juga saat ini, menjabat anggota DPRD Provinsi Jawa Timur ini memberikan contoh sedehana, Anggaran Pengeuaran Belanja Daerah (APBD) Tuban sekitar RP 2,4 Triliun. Rp1,4 T untuk belanja Daerah, selebihnya untuk belanja lainnya, termasuk pengentasan kemiskinan, dan pengangguran.

Padahal, sisa dari belanja bisa dipergunakan untuk memberikan beasiswa kepada anak Tuban yang memilik potensi besar dengan sistem konteak ketika menyelsaikan pendidikannya. Seperti halnya, pelayanan kesehatan. Tiap kali masyarakat yang sakit, apalagi yang kronis rujukannya kalau tidak Lamongan atau Surabaya.

“Lah mengambil kesempatan itu, cukup 50 saja di sekolahkan ke dokter spesialis. Selesai pendidikan, dikontrak Pemkab di tempatkan di rumah sakit daerah,” kata Agung Supriyanto, Ketua DPD PAN Tuban.

Agung menambahkan, empat partai ini sebagai awal saja, dan membuka bagi partai lain yang ingin ikut bergabung dalam poros perubahan ini. (Dur/Rul)

 

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close