Sambut Ramadan, Polres Tuban Gelar Festival Tongklek

1038

kabartuban.com – Sambut datangnya bulan suci Ramadan 1438 Hijriyah, tahun 2017, Polres Tuban menggelar festival tongklek yang diikuti sejumlah peserta dari berbagai kelompok tongklek di tuban, yang mewakili masing masing polsek jajaran, Kamis (25/5/2017).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Satbinmas Polres Tuban tersebut dilaksanakan di halaman belakang Markas Komando Polres Tuban yang dibuka langsung oleh Kapolres Tuban AKBP Fadly Samad.

Menurut Kapolres, kegiatan lomba tersebut untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan, selain itu juga sebagai langkah mewadahi kegiatan masyarakat penggeliat budaya daerah (tongklek). Sebab selama ini sering kali tongklek bermain di jalan dan tidak jarang dikomplain masyarakat karena dianggap menganggu jalur lalu lintas.

“Pertama kegiatan ini adalah untuk menggali dan mengangkat budaya lokal yang belum memiliki panggung. Tongklek sering kali dimainkan dijalan, kami siapkan wadah agar mereka memiliki tempat berekspresi,” kata kapolres Tuban AKBP Fadly Samad.

Disamping itu, lanjut Kapolres, kegiatan lomba tongklek juga sebagai ajang bersilaturahmi antar warga yang mencintai seni tongklek, sekaligus antara petugas kepolisian dengan masyarakatnya.  Tidak hanya mendengarkan suara tongklek, namun juga menyampaikan pesan kepada masyarakat khususnya pesan kamtibmas.

Sementara itu, Kasubbag Humas Polres Tuban AKP. Elis Suendayati mengatakan, dalam lomba tersebut, keluar sebagai juara 1 Perwakilan Polsek Parengan, disusul perwakilan Polsek Tuban, dan juara 3 Polsek Bancar. Sedangkan untuk Juara harapan 1 diraih Polsek Tuban, juara harapan 2 Polsek Palang, dan juara harapan 3 perwakilan Polsek Rengel.

“Semua pemenang sudah diumumkan dan hadiahnya akan diserahkan kepada para pemenang pada HUT Bhayangkara ke 71 besok,” kata Elis. (luk)

/