Sapi Lokal Tuban Jadi Primadona Pedagang Jateng dan Jabar

296

kabartuban.com – Jelang Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah, sapi lokal Tuban banyak diburu warga Provinsi Jawa tengah dan Jawa Barat untuk keperluan kurban.

Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Pasar Hewan Tuban, Heri Wibowo, membenarkan banyaknya pedagang dan pembeli asal beberapa kota dan kabupaten Jawa Barat dan Jawa Tengah, yang datang ke Kabupaten Tuban untuk membeli sapi di Pasar Hewan Tiban.

“Beberapa hari terakhir ini banyak warga luar daerah yang datang ke pasar hewan untuk membeli sapi lokal Tuban, seperti dari Majalengka Jabar, Solo, Rembang Jateng serta kota sekitar Tuban,” kata Heri.

Menurut Heri, permintaan sapi saat ini rata-rata mencapai 300-400 ekor setiap pasaran. Sapi-sapi tersebut selain dibeli pedagang dari luar daerah untuk di jual kembali juga pedagang lokal Tuban yang sudah mendapatkan pesanan dari konsumen untuk keperluan kurban.

“Sapi yang masuk meningkat 100 persen, dari yang biasanya 800 ekor sekarang sapi yang masuk bisa sampai 1.600 ekor setiap pasaran,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Peternakan Dinas Perikanan dan Peternakan Tuban, Imron Qolik saat dikonfirmasi mengatakan, memang setiap menjelang Hari Raya Kurban permintaan sapi selalu meningkat karena Kabupaten Tuban merupakan salah satu sentra sapi potong di pulau Jawa.

“Sapi di Tuban kebanyakan merupakan sapi tanen atau dipelihara petani yang pakannya lebih dominan hijauan. Sehingga kalau ada sapi yang penampilannya gemuk maka dijamin kualitas daging tidak banyak lemaknya,” pungkas Imron. (dur)

Apa Komentarmu?

SHARE