Sarasehan Kominfo Ajak Masyarakat Cerdas Berinternet

204

kabartuban.com – Puluhan Pelajar,  Mahasiswa,  dan Netizen dari berbagai kecamatan di Kabupaten Tuban, ikuti diskusi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bertajuk Menjadi Netizen Cerdas di Era Digital, yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tuban,  Selasa (08/05/2018).

Acara yang dilaksanakan di aula Dinas Pendidikan, Jalan Dr Wahidin Sudiro Husodo Tuban itu diikuti sedikitnya 78 peserta,  dengan menghadirkan sejumlah pembicara bidang Informasi, termasuk akademisi dan pihak Kepolisian.

Sekretaris Dinas Kominfo, Ahmad Sopan mengungkapkan, selain sarasehan, Kominfo juga intensif mensosialisasikan pentingnya menjadi pengguna internet yang cerdas, di sekolah-sekolah bersama kelompok masyarakat.

“Kami  mensosialisasikan sekaligus mengajak masyarakat cerdas bermedsos,  tidak menyebar berita Hoax dan sejenisnya,” kata Ahmad.

Menurut Ahmad, Dinas Kominfo Tuban berkomitmen mengajak masyarakat Tuban menjadi pengguna internet yang cerdas, bebas Hoax dan pelanggaran undang-undang ITE.

Sementara itu, salah satu pembicara, Sri Hidajati,  mengatakan,  saat ini netizen tidak sekedar pengguna dan konsumen informasi,  namun juga sebagai distribuor informasi,  sehingga perlu cermat dan cerdas sebelum meneruskan atau mendistribusikan info yang diterima sebelum mengetahui kebenarannya agar tidak menjadi informasi Hoax.

“Netizen harus bijak dalam mendistribuaikan informasi, tidak langsung mendistribusikan dan meneruskan informasi apalagi belum jelas benar tidaknya, ” tutur Sri Hidajati.

Dilokasi yang sama, mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Tuban yang menjadi peserta mengatakan, pemahaman penggunaan internet yang baik perlu disosialisasikan, agar masyarakat tidak mudah menyebarluaskan informaai yang belum jelas kebenarannya, sebab informasi yang tidak benar akan berpengaruh terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Saya juga sebagai netizen harus menjadi netizen yang lebih bijak ” kata Dewi Wahyu. (Mir)

Apa Komentarmu?

SHARE