Sarat Prestasi KONI Tuban Jadi Jujukan Studi Banding

577
Pengurus KONI Kabupaten Tuban saat foto bersama anggota DPRD dan pengurus KONI Jepara usai berbagi ilmu dan pengalaman di Kantor KONI Kabupaten Tuban.

kabartuban.com – Perkembangan dunia olahraga dan prestasi atlet Kabupaten Tuban akhir-akhir ini, membuat sejumlah Kabupaten/Kota di Jawa Timur, bahkan dari luar Provinsi mendatangi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tuban yang merupakan induk dari semua Cabang Olahraga (Cabor) untuk Ngangsu Kaweruh.

Seperti hari ini (17/7/2018), dua institusi dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan KONI Kabupaten Jepara Jawa Tengah, melakukan kunjungan dan Studi Banding di KONI Kabupaten Tuban, yang mana dua hari sebelumnya pengurus KONI dari Kota Kediri dan Kabupaten Banyuwangi juga melakukan hal yang sama.

Seperti yang disampaikan Sutejo, Ketua Umum KONI Kabupaten Jepara, pihaknya melihat dan menilai kalau olahraga di Bumi Wali Tuban terus mengalami percepatan prestasi yang luar biasa. Karenanya ia memilih Tuban sebagai tempat untuk menimba ilmu dan berdiskusi tentang olahraga.

“Kita melihat pembinaan atlet di Tuban ini sangat baik. Prestasinya juga setingkat di atas kita. Karena itu kita memilih Tuban sebagai tempat Study Banding di Provinsi Jawa Timur,” kata Sutejo.

Ditambahkan, setelah melaksanakan diskusi bersama, ia mengaku banyak mendapat masukan yang bagus. KONI Jepara akan meniru dan mengadopsi program-program positif dari KONI Tuban dalam upaya peningkatan prestasi.

“Banyak hal dan program KONI Tuban yang positif. Kita akan coba terapkan itu di Jepara nanti,” Imbuhnya.

Hal yang sama juga disampikan Sunarto Ketua Komisi C DPRD Jepara, keikutsertaannya ke KONI Tuban ini karena ada undangan dari KONI Jepara agar ikut mendampingi.

“Kita juga ingin meggetahui bagaiamana hubungan komunikasi antara KONI dengan Pemkab serta DPRD,” kata Sunarto.

Ia menilai, perkembangan olahraga yang sangat baik di Kabupaten Tuban ini karena adanya komunikasi dan kerja sama yang baik antara Pemkab, DPRD dan Instansi terkait lainnya.

Wakil rakyat ini mengaku, akan menerapkan bentuk kerjasama yang baik tersebut untuk pengembangan olahraga prestasi di Kabupaten Jepara.

“Kita akan contoh dan coba terapkan di Jepara,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Tuban, H Mirza Ali Manshur, ST, MM menyampaikan bahwa KONI Kabupaten Jepara memang ingin belajar besama dengan KONI Tuban terkait pengembangan olahraga prestasi.

Mirza berharap, apa yang disampaikan KONI Tuban dalam diskusi bersama tersebut, mampu meningkatkan prestasi olahraga pada kedua Kabupaten.

“Kita berbagi pengalaman, semua pasti ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing daerah. Ini semua tidak lepas dari dukungan semua pengurus, Pemkab, Atlet dan masyarakat Kabupaten Tuban,” kata Mirza merendah.

Mantan bendahara umum Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Tuban ini juga mengungkapkan, perkembangan olahraga di Bumi Wali ini karena kerja tim, rasa memiliki, ikhlas dan maksimal dalam berkarya.

“Ini kerja tim, yang total dan terukur, serta yang terpenting adalah rasa memiliki dan ikhlas dalam mengabdi,” terang pria yang konon kabarnya juga pernah menjadi atlet balap motor ini. (Rul)

/