Sebulan Diterapkan, Parkir Langganan Sumbang PAD 600 Juta

228
Wabub bersama Kadishub Pemkab Tuban dan Satlantas Polres Tuban saat melaunching parkir berlangganan pada akhir bulan agustus 2017 lalu.

kabartuban.com – Pemerintah Kabupaten Tuban mencatat Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pelayanan parkir tepi jalan hingga September mencapai Rp1,4 milyar, pencpaian tersebt jauh diatas pendapatan tahun sebelumnya yang hanya di angka 800 juta dalam satu tahun, Rabu (11/10/2017).

Kepala Bidang Pendapatan Pajak Lainya dan Dana Perimbangan, Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PKAD) Kabupaten Tuban, Syamsul Arifin mengatakan,  hingga September realisasai pendapatan dari parkir sudah menembus angka cukup menggembirakan.

“Realisasi pelayanan parkir ditepi jalan umum sampai dengan 30 September sebesar 1,4 M,” kata Syamsul.

Jumlah tersebut lanjut Syamsul, sudah termasuk dengan satu bulan terakhir (September) berlangsungnya parkir berlangganan yang diterapkan di kabupaten ini. “Jumah itu sudah termasuk pendapatan parkir berlangganan,” katanya.

Terkait peningkata pendapatan dari sektor pakir, Kepala Dinas Berhubungan (Dishub) Kabupaten Tuban, Muji Slamet mengungkapkan, selama penerapan berlangganan, yang tercatat dalam satu bulan ini, pendapatan dari sektor parkir tepi jalan sudah mencapai Rp663 juta, realisasi tersebut hampir mendekati realisasi satu tahun penerimaan pada 2016 yang hanya sekitar Rp800 juta.

“Itu dalam satu bulan, kita optimis jika rata rata satu bulan bisa seperti ini, tidak sulit menyentuh angka pendapatan 2,5 milyar rupiah hingga akhir tahun ini,” ungkap Muji.

Mantan Camat Soko ini juga menjelaskan, tahun ini parkir berlangganan memang belum maksimal, sebab penerapan baru satu bulan lalu, namun pada tahun berikutnya (2018) penerimaan retribusi  akan jauh meningkat.

“Dengan jumlah kendaraan yang cukup banyak, potensi retribusi parkir kita sekitar Rp9 -10 miliar rupaih,” katanya optimis. (Luk)

Apa Komentarmu?

SHARE