Sekolah Libur Total, Aktivitas Kota Tuban Menurun

3
Foto ilustrasi. Sumber: Rumah Baca ID

kabartuban.com – Hari ini seluruh kegiatan belajar mengajar mulai PAUD hingga SMA berhenti di Kabupaten Tuban. Hal ini menyusul keputusan Pemerintah Kabupaten Tuban sebagai upaya antisipasi dan pencegahan penyebaran Virus Corona. Meskipun hingga saat ini Kabupaten Tuban masih negatif Virus Corona, pemerintah melakukan langkah cepat agar Covid-19 tidak sampai menyebar di Tuban, Selasa (17/03/2020).

Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein mengatakan, liburnya sekolah ini dapat disikapi dengan bijak oleh anak didik maupun orang tua murid. Wabup meminta agar liburnya sekolah ini tidak disalahgunakan untuk hal lain, dan anak – anak tetap bisa belajar di rumah dan selalu dalam kondisi sehat.

“Jangan sampai libur sekolah ini diartikan “kemerdekaan” buat anak-anak. Harus digunakan dengan baik sesuai tujuannya untuk mencegah penyebaran corona. Anak – anak tetap belajar di rumah dan semua dalam kondisi sehat,” terang Wabup.

Berkaitan dengan hal itu, dalam surat edaran Bupati Tuban menyebutkan, untuk menekan persebaran Covid-19, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar jenjang PAUD-SMA/MA/PK-LK di Kabupaten Tuban dilakukan di rumah, mulai 17-29 Maret 2020. Khusus bagi pelajar kelas XII pada jenjang SMK yang mengikuti Ujian Nasional tetap berjalan sesuai jadwal. Meski demikian, tetap harus mematuhi anjuran kesehatan yang ada. Guru dan tenaga kependidikan tetap masuk seperti biasa guna menyiapkan materi pembelajaran secara online. Di samping itu, mengedukasi wali murid tentang pencegahan penyakit Covid-19.

Berdasarkan pantauan kabartuban.com hari ini, suasana kota Tuban terlihat lebih sepi dari biasanya. Kegiatan ekonomi di pusat perbelanjaan dan sejumlah pasar berjalan seperti biasa. Anak-anak sesekali terlihat muncul di sejumlah gang kecil kota. Tuban masih terlihat normal, kendati aktivitas masyarakat sedikit menurun.

Salah satu guru Taman Pendidikan Al-Qur’an di Kelurahan Sidorejo, Ayu Lestari mengatakan, dengan diliburkannya sekolah anak-anak, pihaknya mengaku bimbang antara meliburkan atau tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar TPQ sore hari seperti biasa.

“Mulai hari ini anak sekolah libur. Untuk kegiatan belajar di TPQ tidak ada ketentuan, tapi di tempat saya akan saya iburkan juga. Sejak santer terkait Virus Corona ini, kehadiran anak-anak di TPQ sejak beberapa hari yang lalu juga sudah menurun. Biar sekalian fokus di rumah saja,” kata Ayu Lestari. (dil/im)

/