Selain Kilang Minyak, Terminal LPG Juga Akan Dibangun di Jenu

968
General Manager, Pertamina, Marketing, Operation, Regional (MOR) V, Ibnu Chouldum, saat menyampaikan paparan.

kabartuban.com – Selain akan membangun fasilitas kilang minyak di Kabupaten Tuban, tepatnya di Kecamatan Jenu, Pemerintah Melalui PT Pertamina rupanya juga akan membangun pangkalan atau terminal Liquefied Petroleum Gas (LPG) di kecamatan yang sama. Rencananya proyek itu akan dimulai dalam tahun ini.

“Kami sudah mengajukan ijinnya, dan sudah diproses oleh pemerintahan Kabupaten Tuban, pemerintah sangat mendukung sekali,” ujar General Manager, Pertamina, Marketing, Operation, Regional (MOR) V, Ibnu Chouldum, dihadapan sejumlah Pimpinan Redaksi media, Jatim dan Jateng, saat media Gathering di Pulau Bali (19/20/2018).

Chouldum menjelaskan, proyek dengan investasi sekitar 14 triliun tersebut diprediksi nampu menyerap sedikitnya 1.000 tenaga kerja, yang akan membuka lapangan kerja bagi warga Tuban. Untuk lokasi sendiri, terminal LPG akan ditempatkan di lokasi yang tidak jauh dari PT TPPI, dengan lahan yang dibutuhkan sekitar 60 hektar.

“Kami dikasih waktu 6 bulan untuk urus ijin, namun kita targetkan tiga bulan selesai, insya Allah 2021 selesai proyeknya,” katanya.

Disinggung soal lahan yang akan digunakan, mengingat saat ini pembebasan lahan bakal Kilang Tuban yang juga proyek besar Pertamina masih menuai kendala, Chouldum menjamin untuk proyek terminal LPG sudah tidak akan ada masalah, karena lahan yang dibutuhkan untuk proyek terminal LPG sudah dipastikan beres.

“Lahan sudah tidak ada masalah, mudah-mudahan akan memberikan manfaat ekonomi di Tuban tumbuh, PAD naik dong,” sambungnya.

Sementara itu, Sekertaris Daerah Kabupaten Tuban, Budi Wiyana membenarkan, soal rencana pembangunan terminal LPG, di kecamatan Jenu Tuban itu, saat ini perijinan sudah diurus dan sudah diproses oleh pemerintah daerah setempat.

“Rencana itu benar, dan perijinan sedang diproses saat ini,” ungkap Budi Wiyana. (Luk)

/