Selama Haul Sunan Bonang, Parkir Pinggir Jalan Gratis

2054
Gunadi, Sekertaris Dinas Perhubungan Kabuaten Tuban.

kabartuban.com – Warga dari berbagai daerah yang akan berziarah dan mengikuti peringatan Haul Sunan Bonang Tuban, tidak perlu khawatir akan keamanan kendaraannya. Sebab selama pelaksanaan yakni pada Kamis (5/10/2017) besok, Pemerintah Kabupaten Tuban, melalui Dinas Perhubungan, akan menjaga kendaraan pengunjung, gratis tanpa biaya.

Menurut Sekertaris Dinas Perhubungan Kabuaten Tuban, Gunadi, untuk menjaga kendaraan para pengunjung Haul Sunan Bonang, pihaknya menerjunkan sedikitnya 70 petugas parkir resmi dari Dinas. Mereka akan menjaga dan memarkir kendaraan pengunjung, serta memastikan tidak ada petugas parkir liar di jalan, yang memungut parkir bagi pengguna kendaraan.

“Selama acara Haul Sunan Bonang, parkir gratis, petugas kami larang memungut biaya parkir, termasuk warga dari luar atau kendaraan non berlangganan, khusus hari itu,” kata¬† Gunadi (5/10/2017).

Menurut Gunadi, pihaknya sudah bekerja sama dengan pihak kepolisian dalam rangka mengawasi aktifitas petugas parkir. Bahkan dia mengancam tidak segan-segan menciduk petugas parkir diluar kewenangan Dinas Perhubungan, jika nekat beroperasi dan memungut biaya parkir kepada pengguna kendaraan.

“Termasuk dari petugas kami, akan ada sanksi tegas jika nekat memungut parkir dari penguna kendaraan,” tegas Sekertaris Dinas Perhubungan ini.

Adapun parkir gratis tersebut merupakan bagian dari sosialisasi, parkir berlangganan yang baru diterapkan di Kabupaten Tuban sejak September lalu. Dan ini akan menjadi program parkir gratis pertama kali saat Haul Sunan Bonang Tuban, dimana sebelumnya tingginya pengunjung yang akan berziarah ke makam Waliyullah itu cukup banyak, dan kerap dimanfaatkan untuk menggelar parkir liar.

“Harapan kami, ini akan menjadi barokah dari penerapan parkir langganan, artinya mereka yang sudah berlangganan akan benar-benar merasakan manfaatnya, bahkan sampai acara besarpun seperti Haul Bonang, mereka tidak membayar lagi, bonusnya warga lain ikut bebas parkir,” pungkas Gunadi. (Luk)

Apa Komentarmu?

SHARE