Selembar Pengabdian Fadly Samad

4483

kabartuban.com – Sejak memegang kendali komando Polres Tuban pada bulan Mei yang lalu, Kapolres Tuban AKBP. Fadly Samad bergerak cepat dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya. Diantaranya segudang pekerjaan besar di Polres Tuban, Kapolres asal Makasar tersebut berjuang keras untuk mewujudkan program kerja Kapolri yang terangkum dalam Promoter Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Semenjak duduk di kursi kepemimpinan Polres Tuban, AKBP. Fadly Samad terus melakukan pembenahan secara internal, dan melanjutkan berbagai program yang telah dicanangkan oleh Kapolres sebelumnya dengan baik. Dengan kewibawaan dan leadership yang mumpuni, Kapolres asal Makasar tersebut telah berhasil menjaga stabilitas kinerja anggota dan mengembangkan berbagai program unggulan.

Sebagai bagian dari realisasi program Kapolri dalam pelayanan publik, Kapolres membuat grand design pelayanan publik berbasis Teknologi Informatika (TI). Sesuai arahan Kapolri untuk mewujudkan Polisi modern, AKBP. Fadly Samad meluncurkan aplikasi Sistem Siaga Bumi Wali (SIBI) berbasis android.

Bermodalkan semangat besar untuk mengabdi kepada bangsa dan negara, khususnya di Tuban Bumi Wali, terobosan Kapolres mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Gayung bersambut, Bupati Tuban H. Fathul Huda pun mendukung penuh inovasi pelayanan publik Polres Tuban. Bahkan, Bupati Tuban menjadikan aplikasi SIBI sebagai embrio untuk terwujudnya Smart City di Kabupaten Tuban.

Sinergitas antara dua pucuk pimpinan tesebut kemudian menjadi energi positif untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Tuban. AKBP. Fadly Samad terus begerak dan berinovasi menuju profesionalitas, modernitas, dan meningkatkan kepercayaan publik kepada institusi Polri.

Tidak hanya duduk di balik meja, hampir setiap hari Kapolres angkatan 1998 tersebut berkeliling di wilayah Kabupaten Tuban untuk mewujudkan Harkamtibmas di Bumi Wali. Berkunjung ke berbagai tempat secara kedinasan, hingga keliling bersepeda untuk melihat secara langsung kondisi di berbagai lapisan di kabupaten Tuban.

Dalam berbagai kesempatan Kapolres menjalin hubungan yang harmonis dengan berbagai instansi, menjalin komunikasi secara aktif dengan kalangan pengusaha, pedagang kaki lima, tukang becak, hingga komunitas netizen di Bumi Wali. Perangainya yang santun, ramah, smart, dan penuh kewibaan, menjadikan Kapolres AKBP. Fadly Samad sebagai salah satu pemimpin inspiratif di Bumi Wali.

Dalam program kerjanya mewujudkan promoter Polri di Bumi Wali, Kapolres menggandeng sejumlah pihak dengan cukup apik. Mulai kalangan pengusaha, akademisi, bahkan komunitas kreatif pemuda di Tuban dapat duduk bersama dengannya untuk mewujudkan profesionalitas Polres Tuban.

Guna mewujudkan salah satu program prioritas Kapolri dalam membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam kamtibmas, AKBP. Fadly Samad menggandeng banyak tokoh masyarakat dan stakeholder di Bumi Wali.

Bukan hanya menjalin hubungan secara formal, Kapolres muda kelahiran 1976 tersebut juga secara aktif melakukan komunikasi dengan masyarakat melalui social media sehingga berbagai isu yang bekembang di masyarakat melalui dunia maya dapat termonitor dan terkendali.

AKBP. Fadly Samad tidak segan – segan memberikan nomor handphone pribadi kepada masyarakat umum, agar lebih komunikatif dan secara terbuka membuka pengaduan langsung melalui situs resminya fadlysamad.net yang dapat diakses dengan mudah. (im)

/