Semen Gresik Bangun Fasilitas Air Bersih Senilai Rp600 Juta di Rembang

311
Peletakan batu pertama Program bantuan sarana air bersih

kabartuban.com – PT Semen Indonesia melalui anak usahanya PT Semen Gresik membangun fasilitas air bersih untuk masyarakat yang berada di tiga desa sekitar pabrik Rembang, yakni Desa Kajar, Timbrangan dan Ngampel, Kecamatan Gunem, Kabupaten rembang Jawa Tengah.

Direktur Utama Semen Gresik, Mukhamad Saifudin mengatakan, fasilitas air bersih yang diberikan perusahaan kepada desa-desa tersebut berupa fasilias Pompa, Pipanisasi dan Tandon air, dengan biaya yang digunakan mencapai sebesar Rp600 juta.

“Pembangunan sarana air bersih di 3 desa dengan jumlah penduduk 600 KK atau 1800 jiwa.dikerjakan mulai hari ini dan ditargetkan rampung dalam waktu 45 hari kedepan,” kata Direktur Utama Semen Gresik Mukhamad Saifudin, saat peletakan batu pertama, bersama Bupati Rembang Abdul Hafidz Di Dukuh Jatimalang Desa Kajar Kecamatan Gunem.

Adapun air yang dimanfaatkan berasal dari sumber air yang sudah ada di desa Kajar dan Ngembel, sedangkan untuk Desa Timbrangan berasal dari sumur bor warga. Diharapkan bantuan tersebut bermanfaat, dan dapat memenuhi kebutuhan dasar air bersih masyarakat di tiga desa yang diberikan bantuan.

“Melalui bantuan infrastruktur sarana air bersih ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat utamanya untuk penyediaan pelayanan dasar masyarakat tentang air bersih, peningkatan kualitas kesehatan, meningkatkan budaya bersih di masyarakat, mengembangkan sanitasi lingkungan,” terangnya

Menurut Saifudin, Untuk mewujudkan sarana air bersih dan sanitasi yang berkesinambungan dibutuhkan pengelola sarana yang mampu mengelola, mengoperasikan dan memelihara sarana tersebut dengan baik. Maka pengelola dan pengembangan akan diserahkan langsung kepada masyarakat melalui BUMDES yang sudah terbentuk di desa.

“Untuk pemerataan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, fasilitaas sini akan sekelola BUMDes,” lanjut Saifudin.

Sementara itu Bupati Rembang Abdul Hafidz mengatakan, pihaknya mengapresiasi atas bantuan yang diberikan Semen Indonesia, Bantuan itumembuktikan komitmen Semen Indonesia untuk mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah Kabupaten Rembang menyadari bahwa angka kemiskinan di Kabupaten Rembang cukup tinggi.

”Adanya perusahaan diharapkan dapat menggerakkan potensi ekonomi dan mengurangi kemiskinan. Bupati berharap masyarakat dapat mendukung adanya industri di Kabupaten Rembang, kata Bupati ini. (Luk)

/