Semen Gresik Terima Penghargaan UPZ Terbanyak

356
Wakil Bupati Tuban Ir H Noor Nahar Hussain, M.Si saat menyerahkan penghargaan pada Kabiro Humas dan CSR PT Semen Gresik, Kuswandi.

kabartuban.com – Semen Gresik melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp.1,3 miliar dari Zakat Infaq dan Sodaqoh (ZIS) para karyawan yang  pemungutan dilakukan setiap bulan dari gaji masing-masing karyawan sepanjang 2017, Jumat (19/1/2017)

Kabiro Humas dan CSR PT Semen Gresik, Kuswandi, menjelaskan, dana ZIS yang sudah terkumpul tersebut selanjutnya disetorkan kepada Badan Amil Zakat Nasional (Basnaz) Pemerintahan Kabupaten Tuban.

“Atas capaian itu, Semen Gresik mendapatkan penghargaan UPZ dari Basnaz untuk kriteria pengumpulan dana ZIS terbanyak,” kata Kuswandi.

Adapun penghargaan diserahterimakan oleh Wakil Bupati Tuban, Ir H Noor Nahar Hussein, M.Si kepada manajemen Semen Gresik yang diterima langsung Kabiro Humas CSR, Kuswandi usai upacara.

Penyampaian dana ZIS dari UPZ Semen Indonesia Group Tuban, kepada Basnaz Tuban disertai pengajuan Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT) dengan Banaz Tuban, dalam menjalankan program pemberdayaan masyarakat.

Pada 2017 terdapat 3 program yang telah dilaksanakan Semen gresik di Kecamatan Jenu, Kerek dan Merakurak, yaitu bedah rumah sebanyak 11 unit, yang dikerjasamakan juga dengan Kodim 0811 Tuban, bantuan ternak Kambing sebanyak 150 ekor bagi masyarakat miskin produktif, serta bantuan dana bisyaroh untuk ustadz & ustadzah TPQ sebanyak 324 orang,

Sementara itu, Sekretaris Pelaksana Basnaz Tuban Eko Julian to mengatakan beberapa perusahaan di Tuban sudah menyetorkan ZIS yang dikumpulkan dari internalnya masing masing. Jumlahnya berkisar puluhan juta hingga ratusan juta rupiah.

“Di Semen Gresik Ini merupakan pengumpulan ZIS dengan jumlah terbanyak diantara perusahaan lainnya di Kabupaten Tuban dengan capaian angka miliar,” kata Eko.

Pada kesempatan itu, Wabub mengatakan, untuk mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Tuban tidak saja harus mengandalkan APBD, salah satu sumber lain adalah melalui program pemberdayaan masyarakat yang dikelola oleh Baznas.

“Semua instansi di Tuban kami minta untuk dapat mendukung dan menyetorkan zakat dari internalnya kepada Baznas Tuban,” kata orang nomor dua di Tuban itu. (Luk/Adv)

/