Semen Indonesia Serahkan Bantuan Kambing untuk Penggarap Lahan Sekitar Perusahaan

598
Distribusi bantuan kambing ke masyarakat desa Pongpongan.

kabartuban.com – Puluhan warga penggarap lahan bakal tambang milik PT Semen Indonesia, di desa Pongpongan Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, menerima bantuan kambing dari perusahaan. Bantuan secara langsung diserahkan oleh Community Development Officer Semen Indonesia, Siswanto kepada masing-masing warga penerima.

Kepala Biro Hubungan Media Semen Indonesia, Sigit Wahono menjelaskan, para penerima bantuan merupakan petani dari desa sekitar Pabrik Tuban yang sebelumnya memanfaatkan lahan perusahaan untuk bercocok tanam sejak 1994 hingga 2018. Karena saat ini lahan tambang seluas 60 hektar tersebut akan digunakan untuk proses produksi, perusahaan melakukan pemberdayaan melalui program ternak kambing.

“Selain menyerahkan bantuan hewan ternak, perusahaan juga menggelar seminar tentang serba serbi berternak,” kata Sigit Wahono.

Menurut Sigit Wahono, penyerahan hewan ternak sebanyak 220 ekor tersebut diperuntukkan bagi 55 warga petani penggarap di lahan perusahaan. Dari penerima yang ada, 10 orang telah tergabung dalam dua kelompok tani, sedangkan 45 orang lainnya dikelola secara mandiri.

“Untuk kelompok tani, perusahaan juga memberikan bantuan kandang dan satu set alat pembuatan pakan ternak,” lanjut Sigit.

Perusahaan berharap, bantuan ternak kambing dapat dimanfaatkan sebagai sumber mata pencaharian baru bagi masyarakat yang selama ini menjadi penggarap lahan milik Semen Indonesia.

“Perusahaan tidak hanya memberikan bantuan hewan ternak, namun akan disertai dengan pelatihan mengenai cara pengembangbiakan dan proses pembuatan pakan ternak yang lebih berkualitas,” tandas Sigit Wahono

Menanggapi kepedulian perusahaan terhadap petani disekitarnya, Camat Merakurak Agung Tri Wibowo memberikan apresiasi kepada perusahaan milik pemerintah itu, sebab bantuan tersebut akan sangat bermanfaat dan dapat dikembangkan oleh petani sebagai sumber pendapatan.

“Bantuan ini semoga dapat menjadi salah satu sumber peningkatan ekonomi masyarakat. Selanjutnya kami juga berharap perusahaan memberikan pendampingan kepada peternak,” kata Camat Merakurak (Luk)

/