Sempat Tutup, Bujangan Ini Nekat Produksi Miras Arak Lagi

103
Kapolsek Semanding, AKP Desis Susilo saat menunjukan barang bukti miras dan peralatan pembuatan Arak.

kabartuban.com – Tim Saber Miras gabungan dari Polsek, Koramil dan Satpol PP Kecamatan Semanding berhasil membongkar kembali  produsen minuman beralkohol berjenis arak di Dusun Sawahan RT 02, RW 03 Desa Tegalagung, Kecamatan Semanding, Selasa (5/12/2017).

Seperti yang disampikan Kapolsek Semanding, AKP Desis Susilo, pemilik minuman haram itu diketahui bernama Riyanto (22) warga setempat. Sedangkan modus yang dilakukan pelaku memproduksi Arak ketika semua warga sekitar lagi terlelap tertidur atau pada tengah malam, dan mengedarkan barang tersebut pagi buta, supaya tidak ada yang tahu.

“Sebelumnya pelaku pernah beroperasi, karena gencarnya razia, dia tutup. Dan sekarang kembali memproduksi,“ ujar Kapolsek Semanding (5/12/2017).

Pelaku yang belum berkeluarga ini kata Desis, melakukan bisnis haram ini, karena tergiur dari hasil yang cukup lumayan. Dalam sehari bisa memproduksi arak jadi sebnayak 150 liter atau senilai Rp.10.500.000, dengan harga perliternya Rp.70.000-,.

“Kapasitas produsksinya hampir setiap harinya mendapatkan 150 liter arak jadi,” tambah Desis.

Barang bukti yang diamankan 3 drum baceman atau 600 liter bahan membuat arak, 150 liter arak siap edar serta beberapa perlengkapan alat untuk membuat arak.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya,  pelaku di jerat Pasal 135 jo Pasal 71(2) dan pasal 140 jo pasal 86(2) UU no 18 th 2012 tentang pangan Yo psl 204 Kuhp dan Peraturan Daerah (Perda) nomor 5 tahun 2004 tentang peredaran makanan dan obat-obatan, dengan ancaman hukuman pidana selama dua tahun penjara.

”Kita akan melakukan razia secara rutin, terutama terkait minuman keras jenis arak. Hal ini kita lakukan untuk membersihkan arak dari Tuban. Sehingga, benar-benar tercipta Tuban sebagai Bumi Wali,” tambah Kapolsek Semanding. (Dur)

Apa Komentarmu?

SHARE