Sendang Asmoro, Wisata Baru di Kabupaten Tuban

741

kabartuban.com – Warga Tuban dan sekitarnya saat ini tidak perlu jauh-jauh untuk berlibur menghabiskan waktu bersama keluarga diluar kota, sebab, sejak tahun 2017, Kabupaten Tuban telah memiliki sejumlah tempat wisata baru yang cocok untuk menjadi tempat menghabiskan waktu libur bersama keluarga, salah satunya adalah sendang asmoro yang berada di Desa Ngino, Kecematan Semanding.

Menurut pengelola tempat Wisata Siswoyo, sendang asmoro yang dibuka sejak akhir tahun lalu itu dulunya adalah sendang untuk irigasi lahan pertanian. Namun oleh pemerintah desa sendang dimanfaatkan menjadi tempat wisata yang sejuk dan indah, yang dapat menjadi alternatif belibur dalam daerah.

“Sekitar enam bulan lalu dibuka untuk wisata umum,” terang Siswoyo.

Ditempat ini, selain menikmati sejuknya udara dan hijaunya pepohonan wisatawan juga dapat bermain perahu bebek berkeliling sendang sambil memberi makan ribuan ikan yang ada di dalam sendang. Pengunjung bisa mendapatkan pakan ikan dari sejumlah pedagang yang menjual makanan di sekitar sendang.

“Kalau pengen ngasih makan ikan pengunjung bisa beli pakan harganya 1000 rupiah,” teang Siswoyo.

Pada waktu tertentu, Sendang Asmoro juga menjadi tempat sedekah bumi warga Ngino dan sekitarnya, kagiatan tahunan itu dilakukan warga sebagai bentuk syukur atas nikmat Tuhan yang dibeikan.

Sementara itu, pengunjung lokasi wisata benama Dilla, warga Tuban mengatakan, sudah beberapa kali bejunjung ke lokasi tersebut, menurut perempuan bejilbab itu sendang cukup sejuk dan nyaman untuk menghabiskan waktu luang ataupun refreshing setelah penat bekerja.

“Bagus lokasinya, ada ikan juga yang bisa diberi makan, ini yang menjadi daya tarik,” kata Dilla.

Untuk menikmati keindahan Sendang Asmoro dan suasana alamnya, pengunjung tidak pelu mengeluarkan biaya terlalu besar, sebab dengan Rp3.000 saja, pengunjung sudah mendapatkan tiket masuk ke lokasi wisata. (Hon)

Apa Komentarmu?

SHARE