Setiap Tiga Bulan Kinerja OPD Bakal Dievaluasi

669

kabartuban.com-Bupati Tuban, Fathul Huda bakal melakukan evaluasi kinerja organisasi perangkat daerah (OPD) setiap tiga bulan. Evaluasi berkala terhadap pencapaian target indikator kinerja beserta penyerapan anggaran yang melekat pada masing-masing target kinerja.

“Target indikator kinerja perangkat daerah yang menjadi tangung jawab pejabat eselon II agar dijabarkan dalam bentuk program dan kegiatan. Program harus memiliki indikator program, sedangkan kegiatan memiliki indikator kegiatan atau yang lebih dikenal dengan output kegiatan,” ungkap Bupati Tuban, Fathul Huda, Sabtu (21/1/2017).

Indikator program menjadi tanggungjawab pejabat eselon III, sedangkan untuk indikator kegiatan (output) mejadi tanggungjawab pejabat eselo IV.

“Selanjutnya kepala OPD dapat menindaklanjuti dengan perjanjian kinerja antara kepala OPD dengan para pejabat struktural eselon III,”tuturnya.

Sedangkan, lanjut orang nomor atu di Bumi Wali tersebut menyampaikan, selanjutnya  para pejabat eselo III  dapat menindaklanjuti dengan perjanjian antara pejabat eselon III dengan pejabat eselon  IV dan seterusnya sampai tingkat staf.

“Pelaksanaan evaluasi dimaksudkan untuk mengetahui dan memastikan bahwa penyerapan anggaran nantinya dapat berkesinambungan atau sejalan dengan target indikator kerja di taun 2017,” pungkasnya.

Huda menambahkan, guna menunjang pelaksanaan evaluasi 3 bulanan yang akan dilakukan olehnya harus disusun roadmap pencapaian target kinerja tahun 2017 oleh masing-masing OPD. Roadmap itu sebagai panduan rencana kerja dalam pencapaian target kinerja mulai awal tahun hingga akhir tahun anggaran.

“Saya berharap roadmap yang telah disusun benar-benar dilaksanakan sesuai tahapan,” tutupnya. (har)

 

/