SI Edukasi Ke Pelajar SMA Hadapi Kebakaran

183

kabartuban.com – Peringati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Unit Safety Hygiene Environtment (SHE) PT Semen Indonesia, Tuban, memberikan edukasi K3 dan cara penanggulangan kebakaran disejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA) disekitar operasi perusahaan.

Kegiatan yang bertajuk “Safety Goes to School” itu salah satunya seperti telah dilaksanakan di SMAN 1 Kerek. Hampir sebagian pelajar dan dewan pendidik sekolah itu terlibat dalam edukasi K3 yang dilaksanakan Semen Indonesia.

Adapun kegiatan edukasi bertujuan memberikan pengetahuan kepada siswa-siswi mengenai pentingnya safety atau keselamatan untuk dijadikan prioritas utama dalam segala di kehidupan sehari-hari.

‘’Safety tidak hanya diterapkan pada perusahaan tapi juga bisa di rumah maupun sekolah, sebab setiap aktivitas kita dalam kehidupan sehari-hari itu juga berpotensi resiko yang mungkinan bisa terjadi,’’ ungkap, Tuban Safety Officer, Jatmiko.

Menurut Jatmiko, kewaspadaan dan kedisiplinan harus tetap dijaga guna meminimalisir terjadinya bahaya atau resiko kecelakaan. Sebab, resiko kecelakaan tidak mengenal tempat dan waktu.

“Diharapkan, safety bisa menjadi budaya sehingga kita dapat memahami posisi kita apakah sudah berada di zona aman atau belum,” terang Jatmiko.

Selain dibekali materi mengenai K3 dan penanggulangan kebakaran, siswa juga diberikan kesempatan untuk praktik memadamkan api, memggunakan alat pemadam ringan (Apar) dengan karung goni basah (Alat Pemadam Api Ringan), dan alat pemadam kebakaran (Firehose).

‘’Kita berharap setelah kegiatan ini para siswa faham yang akan dilakukan jika terjadi kebakaran dilingkungannya,’’ tambah Jatmiko.

Sementara itu, Wakil Kepala SMAN 1 Kerek, M. Sugiharto, mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan PT Semen Indoneaia di sekolahanya cukup positif. Sebab kegiatan tersebut mampu memberikan pengetahuan bagi anak didiknya tentang penting dan manfaat K3.

“Diharapkan kegiatan ini bisa dijadikan agenda rutin bagi Semen Indonesia untuk memberikan manfaat bagi lembaga pendidikan maupun masyarakat,’’ harapnya. (Luk)

Apa Komentarmu?

SHARE