Siapkan 300 Unit Komputer Untuk UNBK

718
Nur Khamid, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban.

kabartuban.com- Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban telah mensiapkan 300 unit komputer untuk menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dijadwalkan pada April  2017 mendatang.

Komputer ini nantinya akan diberikan kepada sepuluh sekolah negeri tingkat pertama (SMP) yang tahun ini akan melaksanakan ujian UNBK 2017. “Kita sudah mulai pengadaan, untuk sepuluh tambahan sekolah negeri,“ kata Nur Hamid, Sekertaris DInas Pendidikan Kabupaten Tuban (22/2/2017).

Dijelaskan, pengadaan 300 unit kumputer dengan rincian 30 komputer untuk masing-masing sekolah termasuk dua server ini berasal dari Anggaan Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2017 sebesar Rp3,7 Miliar, yang mana anggaran tersebut nantinya juga untuk pengadaan meja kursi komputer.

“Anggaranya sudah ada Rp3,7 Miliar. Itu untuk 30 meja kursi, 30 komputer dan dua komputer server untuk masing-masing sekolah,” jekas Hamid.

Setelah pengadaan, komputer dan perangkat lain akan langsung didistribusikan ke sekolah-sekolah peserta UNBK, agar secepatnya sekolah dapat mempersiapkan diri. Secara umum Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, sudah siap melaksanakan UNBK di sejumlah sekoah yang ditunjuk, termasuk akan melakukan simulasi UNBK beberapa kali sebelum pelaksanaan pada April mendatang,

“Secepatnya, kalau sudah ada langsung diserahkan ke sekolah, kita juga akan melakukan simulasi beberpa kali sebelum ujian,” katanya.

Sementara itu, Kepala SMPN 6 Tuban, Zaenal Maftuhien, saat dikonfrmasi mengatakan kesiapan sekolah sudah cukup matang untuk menggelar UNBK. Disampakan 27 dan 28 Februari besok direncanakan sekolah peserta UNBK juga akan melakukan simulasi yang akan terhubung langsung dengan server pusat.

“Tanggal 27 dan 28 minggu depan akan ada simulasi (uji coba) bagi sekolah SMP peserta UNBK,” kata Madtuhien.

Untuk diketahui, ada 13 sekolah yang direncanakan melaksanakan ujian berbasis komputer yakni SMP N 1, 3,5, 6, dan 7 Tuban,  SMP N 1 Semanding, SMP N 1 Meakurak, SMP N 1 Jatirogo, SMP N 1 Plumpang, SMP N 1 Widang, SMP N 1 Rengel, SMP N 1 Soko dan SMPK Ronggolawe Tuban. (Luk)

/