Sumber Air Krawak Bukti Kelestarian Alam di Tuban Masih Terjaga

21
Sumber air Krawak yang terletak di kawasan hutan jati di perbatasan antara Kecamatan Montong dan Kecamatan Singgahan.

kabartuban.com – Selain terkenal dengan wisata rohani, Kabupaten Tuban juga menyimpan jutaan wisata alam yang mempesona. Sumber Air Krawak salah satunya, yang memiliki warna air hijau sebagai bukti Tuban masih asri.

Terletak di kawasan hutan jati di perbatasan antara Kecamatan Montong dan Kecamatan Singgahan, salah satu pengunjung Benny menjelaskan bahwa keindahan alam seperti Sumber Air Krawak menjadi surga di antara pabrik yang berdiri di Tuban.

“Menurutku pribadi kelestarian alam di Tuban masih tergaja, meski dampaknya terasa,” jelasnya saat ditemui di lokasi, Sabtu 13/06/2020

Benny yang juga aktif di organisasi mahasiswa pecinta alam di kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tersebut menambahakan bahwa meskipun sudah menjadi tempat wisata pengunjung serta masyarakat harus tetap menjaga kebersihan di lokasi wisata tersebut.

“Pemandangan seperti ini semoga bisa dikembangkan lagi, dengan syarat jangan sampai merusak alam,” ucapnya.

Kemudian hal tersebut diamini oleh Aan salah satu anggota mahasiswa pecinta alam Tuban mengungkapkan bahwa kelestarian alam di Tuban bisa dikatakan masih lestari, selain identik dengan adanya pabrik, Tuban juga kaya dengan batuan kapur atau goa karst. Karena alasan tersebutlah kenapa banyak pabrik berdiri di Kabupaten Tuban.

“Sederhananya di mana ada batuan kapur atau goa karst, di situ ada tambang. Salah satu goa untuk wisata seperti Goa Akbar dan Goa Putri Asih dan banyak lagi. Menyayangkan adanya area reklamasi, malah dibuat foto alay anak jaman sekarang,” katanya.

Kepada media ini Aan menambahkan bahwa dirinya terkesan jika ada pabrik yang bisa menjaga kelestarian alam sekitar dan itu patut dicontoh untuk pabrik lain yang menyangkut dengan penggunaan alam sekitar.

“Untuk menjaga anak, cucu, kita nanti di zaman yang akan datang #BumiAirTanahBukanUntukDijual,” harap Aan. (wid/dil)

/