Swepping, Petugas Amankan Senapan Angin dan Mobil

201
Petugas gabungan dari Polres dan Kodim Tuban saat mengamanakan senjata laras panjang milik masyarakat yang terjaring Swepping tadi malam

kabartubam.com – Swepping masih tetap berlanjut hingga kemarin malam (21/5/2019). Razia atau razia swepping dilakukan untuk mengantisipasi rombongan atau masyarakat yang akan pergi dengan tujuan ke ibu kota Jakarta, baik mengunakan kendaraan umum, atau mobil pribadi yang melintas di wilayah hukum Polres Tuban.

Alhasil dalam swepping yang dilakukan oleh petugas gabungan Polres dan Kodim 0811 Tuban Senin (20/5/2019) mengamankan sepucuk senjata angin dan satu unit mobil kijang bernopol polisi AG 1614 AE dengannya empat orang di dalamnya.

Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono saat dikonfirmasi mengatakan, swepping di gelar sejak 17 ini, akan meminta keterangan pada masyarakat yang akan berangkat ke Jakarta. Kalau tujuan ikut aksi, maka pihaknya dan jajarannya memberikan pengertian, bahwa informasi yang diberikan pihak intelejen, aksi yang dilakukan bertepatan dengan pengumuman penetapan Presiden dan wakil presiden hasil pemilu serentak 2019, akan disusupi pihak yang tidak bertanggungjawab untuk memprovokasi yang ujung nya kerusuhan.

“Info dari intelejen pihak ketiga yang tidak bertanggungjawab akan masuk dan membuat chaos itu yang dikhawatirkan, ” kata AKBP Nanang Haryono kepada awak media, usai memimpin swepping di jalan Letda Sucipto Tuban.

Sedangkan, masih kata Kapolres kelahiran Bojonegoro ini menambahkan, sepucuk senjata yang diamankan beserta satu buah mobil dan penumpangnya, masih menjalani pemeriksaan, terutama senapan angin yang biasa digunakan pemiliknya untuk berburu ikan di sungai. Pemeriksaan dilakukan dengan teliti oleh pihak petugas, apakah senjata itu dibawah 5,5 kalibri, kalau melebihi tentunya ditanya surat izinya.

“Ini masih kita periksa dengan detail,” tambahya.

Sampai saat ini belum ditemukan swepping yang dilakukan atau pemeriksaan tiap kendaraan yang dicurigai membawa senjata tajam baik sajam maupun handak,ataupun lainnya masih berlangsung ditiap Polsek yang menjadi jalur besar keluar masuk kendaraan di wilayah bumi wali. (Dur/Rul)

Apa Komentarmu?

SHARE