Tagih Janji Wabup, Warga Normalisasi Sungai Mangunjoyo

864

kabartuban.com – Sekitar 50 warga pesisir pantai Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban Kota melakukan aksi bersih-bersih sungai Mangunjoyo. Aksi tersebut sebagai bentuk protes atas janji pemerintah daerah melakukan normalisasi sungai yang sampai saat ini belum terealisasi.

“Pada Tahun 2016, saat acara peresmian IPAL, Wakil Bupati Tuban memberikan janji akan menormalisasi sungai, namun sampai sekarang belum direalisasikan,” kata Joko Widodo, Ketua RT 02, RW 01, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban kepada awak media, Senin (6/8/2018).

Menurutnya, selain bentuk protes kegiatan tersebut juga dilakukan untuk mengurangi resiko abrasi saluran IPAL yang berada dibibir pantai, kalau waktu gelombang tinggi air menggerus sisi tanggul, karena sampah banyak yang berhenti di sungai.

“Hampir setiap seminggu sekalian kita kerja bakti, dan kalau tidak dibantu alat berat khawatirnya, MCK dan salurannya retak dan amblas, karena tergerus ombak yang naik ke atas tanggul,” tambahnya.

Sampai saat ini, warga masih berharap peran Pemkab, mengingat ketika aliran sungai berhenti, sumber penyakitpun akan muncul seperti deman berdarah, Diare dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, sumber air warga juga akan terkontaminasi akibat aliran yang macet.

“Harapan kita bisa segera dilaksanakan, supaya hal yang tidak inginkan bersama tidak terjadi,” harapnya.

Senada juga dikatakan Nelayan setempat, yang mengatakan perahunya yang akan diparkirkan ke sungai tidak bisa lewat, karena banyaknya sampah yang mengendap, sehingga membuat sungai dangkal, dan akibatnya tidak bisa di parkir untuk menghindari ombak besar.

“Kalinya dangkal mas kalau tidak dibersihkan, perahu saya tidak bisa masuk, untuk menghindari ombak, kalau sewaktu-waktu ombak besar,” kata Rifai.

Untuk diketahui, Sungai Mangunjoyo pernah dilakukan normalisasi pada tahun 2014, tumpukan sampah yang dibersihkan menjadi daratan di sebelah timur kali, tepatnya di RT 01, RW 04 Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Tuban. (Dur/Rul) 

Apa Komentarmu?

SHARE