Tambang Dekat Pabrik Holcim Akhirnya Ditutup

1380
Lokasi Tambang batu kumbung di Desa Sawir, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban yang berdekatan dengan Pabrik Semen PT Holcim Indonesia Tbk yang saat ini telah ditutup.

kabartuban.com – Lokasi tambang batu kumbung (batu bata kapur) di Desa Sawir, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban yang berdekatan dengan Pabrik Semen PT Holcim Indonesia Tbk, akhirnya ditutup. Penutupan dilakukan pasca runtuhnya lokasi tambang seluas satu hektar pada Jumat, pekan lalu.

Camat Tambakboyo, Didik Purwanto saat dikonrifmasi membenarkan soal penutupan tambang batu kumbung yang dikelola sekitar 8 orang warga Desa setempat. Penutupan itu pasca dilakukan pertemuan antara pemilik lokasi tambang, sejumlah pekerja dan Muspika Kecamatan Tambakboyo.

“Tambang ditutup, dan pemilik tambang suka rela menutupnya, Alhamdulillah semua selamat karean kejadianya malam hari,” kata Camat Didik (31/01).

Disampikan Camat, pasca pertemuan ini, sebagian pekerja tambang akan kembali menjadi petani karena sebagian merupakan warga yang berprofesi sebagai petani dan sebagai penambang batu adalah pekerjaan sampingan. Sementara bagi pemilik usaha akan mengurus ijin tambang.

“Sebagian penambang akan kembali menjadi petani, sebagian lain mau ngurus ijin tambang,” terang Camat Tambakboyo.

Camat yang juga mantan Komandan Banser NU ini menghimbau, jika tambang tersebut dikelola kembali oleh masyarakat, ia meminta pemilik tambang untuk melengkapi ijin, disamping itu juga harus menjaga keselamatan serta tidak mengesampingkan kelestarian lingkungan.

“Kami himbau, pemilik tambang melengkapi ijin, jika menambang juga harus memperhatikan keselamatan dan lingkungan,”  pungkas Didik Purwanto.

Seperti diketahui, tambang Batu kumbung di Desa Sawir runtuh pada Jumlat pekan lalu, tambang itu runtuh sekitar 01-00 dini hari. Tidak ada korban jiwa karean tidak ada petambang yang berkerja dimalam hari pada saat itu. (Luk)

/