Tambang Dekat Pabrik Holcim Runtuh

970
Tambang batu kapur atau batu kumbung yang tak jauh dari PT Holcim Indonesia Tbk atau di Desa Sawir Kecamatan Tambakboyo Tuban yang runtuh.

kabartuban.com – Lahan tambag batu kumbung (batu kapur) yang berada di Desa Sawir, Kecamatan Tambakboyo, Tuban, runtuh pada Jumat (27/1) dini hari. Tambang kumbung seluas hampir satu hektar itu meninggalkan bekas lubang cukup dalam. Tambang yang setiap hari padat pekerja ini berdekatan dengan perusahan semen PT Holcim Indonesia Tbk.

Kari (70), Warga yang ditemui kabartuban.com di lokasi tambang mengatakan, lokasi tersebut setiap hari ramai oleh para penggali batu, bahkan kendaraan pengangkut juga masuk diarea itu untuk membawa keluar hasil tambang.

“Untung kejadianya tidak siang hari, jadi ya selamat semua,” kata mbah Kari, biasa di sapa (28/01/2017).

Saat ini dilokasi kejadian masih ramai oleh warga yang penasaran, mereka datang untuk melihat kondisi tambang yang ambruk. Sementara di tempat lain sejumlah orang tengah mengambil peralatan menambang yang ada di antara reruntuhan tambang kumbung.

“Sebagain alat yang ditinggal didalam tertimpa, ini sudah sebagain diambil sama pemiliknya menggunakan truk katrol,” terang  Imron,  warga  lain dilokasi tambang tersebut.

Diperkirakan, ambruknya tambang batu kumbung itu akibat pilar-pilar penahan trowongan dalam tambang tidak kuat menopang berat atap batu diatasnya, sehingga runtuh.

Saat ini dilokasi kejadian dipasang tali pembatas oleh warga, karena dibeberapa titik terdapat retakan yang dikhawatirkan akan ambruk jika banyak aktifitas diatasnya.

“Ini dipasang tanda, disitu ada retakan, takut warga yang melihat berdiri diatas retakan,” sambung Imron.

Terpisah, Camat Tambakboyo, Didik Purwanto saat dikonfirmasi mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadan tersebut, saat ini, ambruknya tambang kumbung juga sudah dikordinasikan baik dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) maupun dengan Pemerintah Desa (Pemdes).

“Sudah mengkoordinasikan dengan Kades Sawir selanjutnya akan diadakan pertemuan dengan warga penambang di balai Desa Sawir besok,” terang Camat Tambakboyo, Didik Purwanto. (Luk)

/