Tebing Longsor, Akses Jalan Antar Desa Sempat Tersendat

336
Dibantu warga sekitar, petugas saat membersihkan reruntuhan batu dari atas tebing. (Foto. ist)

kabartuban.com – Tebing di Desa Kesamben Kecamatan Plumpang, longsor, Senin (12/3/2018) sekitar pukul 05.00 Wib. Tampak longsor bongkahan batu berukuran besar menutup jalan akses jalan desa setempat menuju Desa Ngino, Kecamatan Semanding

“Tingginya curah hujan mengakibatkan tebing longsor yang memutus akses jalan desa setempat,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Joko Ludiyono.

Menurut kepala BPBD ini, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, karena pada saat terjadi, masih belum ada pengendara yang melintas di jalan Desa Kesamben, Kecamatan Plumpang.

“Kami mengirimkan Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana ke kelokasi kejadian dan melakukan assessment, kemudian melakukan koordinasi dengan perangkat desa dan Kecamatan untuk membersihkan jalan yang tertimbun batu longsor tersebut,” tuturnya.

Akses jalan berhasil dibuka dengan melakukan kerja bakti yang melibatkan berbagai pihak seperti perangkat desa, Babinsa, dan masyarakat setempat dan dibantu dari pihak PT Pentawira sejak pukul 05.30 WIB hingga 08.00 WIB.

“Saat ini jalan bisa dipergunakan lagi bagaimana mestinya,” katanya.

Tidak ada korban dan kerugian materiil dalam kejadian tersebut. Namun, warga harus berjalan memutar agak jauh untuk menuju ke desa lain selama pembersihan jalan dari material longsor.

Sementara itu, Camat Plumpang, Saefiyudin saat dikonfirmasi membenarkan kalau daerah tersebut rawan terjadi longsor, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pihak pemerintah Desa dan Kabupaten untuk segera menata ulang daerah tersebut, supaya dikemudian hari tidak terjadi lagi hal serupa.

“Ini sebenarnya, sudah mau dikerjakan oleh pemerintah Desa, namun keburu ada longsor, jadi ini segera akan kita atasi, ” sambung kata Plumpang.

Saefiyudin juga mengimbau masyarakat yang melintas jalan Desa Kesamben menuju ke Desa Ngino, Kecamatan Semanding harus ekstra hati-hati karena kondisi jalan agak licin dan dikhawatirkan terjadi longsor susulan.

Informasi yang dihimpun kabartuban.com, memang daerah di atas tebing tersebut ada aktifitas tambang, dan masuk di Kecamatan Semanding. (Dur)

Apa Komentarmu?

SHARE