Terjunkan 1500 Personil, Bawaslu Gelar Apel Akbar Deklrasi Anti Politik Uang

754
Ketua Bawaslu Kabupaten Tuban, Sullamul Hadi saat melaunching mobil patroli tolak politik uang dengan mengunting pita.

kabartuban.com – Libatkan 1.500 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), Bawaslu Tuban Kabupaten Tuban gelar apel akbar di Alun-alun dalam rangka kesiap siagaan pengawas dalam menyambut Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 dan deklrasi anti politik uang, Sabtu (13/4/2019).

Disampaikan, Pemilu adalah pesta demokrasi yang patut dirayakan dengan penuh sukacita, damai, dan rasa kebanggaan sebagai bangsa beradab.

“Sebelum memasuki hari pemungutan dan penghitungan suara di tanggal 17 April, kita terlebih dahulu dihadapkan dengan tugas mengawasi masa tenang yang di mulai dari tanggal 14 – 16 April 2019,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Tuban,  Sullamul Hadi, saat membacakan sambutan Bawaslu RI.

Pria yang akrab dipanggil Gus Hadi ini menambahkan, pengawas TPS sebagai ujung tombak dalam mengawal demokrasi ini harus selalu siap dalam kondisi apapun, terlebih praktik politik uang acap kali dilakukan oleh peserta pemilu, jelang detik-detik terakhir yang berdasarkan pengalaman, baik dalam pemilihan kepala daerah maupun pemilihan Presiden dan wakil presiden di tahun-tahun sebelumnya.

Untuk Indek kerawanan pelanggaran (IKP) mejadi sangat penting untuk selalu dipejari di seluruih tingkatan yang ada, baik Panwaslu Kecamatan maupun Desa, agar bisa mematakan titik kerawanan yang perlu diwaspadai.

“Fokus pengawasannya adalah money politic,” kata pria yang yang juga putra dari Pengasuh Ponpes Sunan Bejagung ini.

Dalam kegiatan tersebut juga melaunching mobil patroli tolak politik uang, yang nanti akan melakukan patroli diseluruh wilayah Kabupaten, sebagai wujud pencegahan Bawaslu pada pelanggaran Pemilu.(Dur/Rul)

Apa Komentarmu?

SHARE